Pakistan telah menutup perbatasannya dengan Iran dan juga Afghanistan demi membendung risiko penyebaran covid-19. (Fpto: AFP)
Pakistan telah menutup perbatasannya dengan Iran dan juga Afghanistan demi membendung risiko penyebaran covid-19. (Fpto: AFP)

Tiongkok Bantu Pakistan Hadapi Pandemi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 29 Maret 2020 19:02
Islamabad: Tiongkok telah mengirim sebuah pesawat berisi personel medis serta pasokan alat kesehatan ke Pakistan untuk membantu negara tersebut memerangi pandemi virus korona (covid-19). Pesawat tersebut mendarat di sebuah bandara di Islamabad, yang langsung disambut Menteri Luar Negeri Shah Mahmood Qureishi.
 
Sebelumnya, seperti disitat dari Time, Tiongkok telah mengirim sejumlah ventilator dan masker ke Pakistan. Pakistan merupakan salah satu negara penting dalam proyek One Road Project yang menghubungkan Asia Selatan dan Pusat dengan Tiongkok sebagai pusatnya.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins hingga Minggu 29 Maret 2020, jumlah kasus covid-19 di Pakistan mencapai 1.526 dengan 13 kematian dan 29 pasien sembuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pakistan telah menutup perbatasannya dengan Iran dan juga Afghanistan demi membendung risiko penyebaran covid-19.Namun pemerintah Pakistan juga mendapat gelombang kritik karena dinilai kurang sigap dalam merespons fase awal wabah covid-19.
 
Perdana Menteri Pakistan Imarn Khan telah menolak memberlakukan penutupan wilayah secara menyeluruh atau lockdown seperti yang dilakukan sejumlah negara lain. Ia mengatakan lockdown dapat berimbas buruk terhadap masyarakat miskin di Pakistan.
 
Walau menolak lockdown, PM KHan telah memerintahkan agar semua tempat usaha yang tidak terlalu penting untuk tutup sementara. Ia juga telah mengimbau kepada seluruh Muslim di Pakistan untuk tidak menunaikan Salat Jumat, dan menyarankan menggantinya dengan salat Dzuhur di rumah masing-masing.
 
Selain ke Pakistan, Tiongkok juga telah mengirim bantuan ke sejumlah negara mitra, termasuk Indonesia. Sabtu kemarin, bantuan peralatan medis dari Pemerintah Tiongkok untuk memerangi virus korona (covid-19) telah tiba di Jakarta. Bantuan tersebut merupakan kelanjutan dari skema pengiriman Tiongkok yang berencana menyalurkan total 40 ton peralatan medis ke Indonesia.
 
"Paket bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai pada 24 Maret yang terdiri atas alat tes korona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, ventilator portabel, dan lain-lain," ungkap keterangan tertulis Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta.
 
"Pasokan medis ini akan digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah covid-19 di Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana," sambungnya.
 
Baca:Tambahan Bantuan Medis Tiongkok Tiba di Indonesia
 
Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa sebagian besar orang yang terjangkit covid-19 hanya merasakan gejala ringan seperti demam atau batuk. Sebagian besar dari mereka juga disebut WHO akan sembuh dalam hitungan pekan, jika gejala-gejala yang dialami mereka ditangani dengan baik. Untuk gejala ringan, individu terjangkit covid-19 bahkan akan sembuh dengan sendirinya jika imunitas tubuhnya kuat.
 
Namun, covid-19 dapat memicu pernapasan akut serta gangguan fatal lainnya, terutama untuk pasien berusia lanjut atau yang sudah mengidap masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif