Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. (Foto: AFP/Pool/Mark Schiefelbein)
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. (Foto: AFP/Pool/Mark Schiefelbein)

Tiongkok Tetap Dukung Palestina dan Solusi Dua Negara

Internasional Virus Korona tiongkok palestina israel
Willy Haryono • 21 Juli 2020 07:19
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan bahwa konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel selalu menjadi isu utama di kawasan Timur Tengah. Ia menegaskan, Tiongkok selalu mendukung Solusi Dua Negara (Two-State Solution) sebagai satu-satunya solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut.
 
Pernyataan disampaikan Xi dalam percakapannya dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas via sambungan telepon. Dalam pernyataan pembuka, Xi menyampaikan dukungan Tiongkok kepada Palestina dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19).
 
"Tiongkok mendukung Solusi Dua Negara sebagai arah yang benar dalam menyelesaikan konflik. Tiongkok juga mendorong penyelesaikan konflik melalui dialog dan negosiasi dalam posisi yang setara," ujar Xi, dilansir dari laman Xinhua, Selasa 21 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Komunitas internasional harus mengambil posisi objektif dan adil serta berusaha bersama dalam mendorong perdamaian," sambungnya.
 
Ia juga mengatakan bahwa Tiongkok siap memberikan kontribusi aktif terhadap penyelesaian konflik Palestina-Israel.
 
Xi mengatakan, Tiongkok dan Palestina adalah dua sahabat dan juga mitra yang baik. Ia mengklaim negaranya dan juga Palestina selama ini selalu saling mendukung dalam berbagai isu.
 
Sementara itu mengenai covid-19, Tiongkok mengaku telah menyalurkan pasokan medis dan juga tim ahli ke Palestina sejak awal penyebaran virus tersebut.
 
Beijing juga telah menggelar berbagai konferensi video dengan Palestina, serta menawarkan bantuan anti-epidemi kepada para pengungsi.
 
Menurut Xi, pandemi covid-19 merupakan masalah global yang perlu ditangani bersama-sama. Ia menegaskan Tiongkok akan terus berbagi pengalaman seputar covid-19 dengan Palestina dan juga negara-negara lain.

 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif