Petugas memakai masker di sebuah tempat penukaran uang di Melbourne, Australia. (AFP)
Petugas memakai masker di sebuah tempat penukaran uang di Melbourne, Australia. (AFP)

Terkendali Selama 7 Bulan, Australia Dilanda Klaster Baru Covid-19

Internasional Virus Korona australia pandemi covid-19
Willy Haryono • 16 November 2020 11:50
Adelaide: Klaster baru virus korona (covid-19) muncul di sebuah kota di Australia yang telah berhasil mengendalikan penyebaran penyakit tersebut dalam tujuh bulan terakhir. Empat kasus terdeteksi di Adelaide pada Minggu kemarin, yang kemudian melonjak menjadi 17 pada Senin ini, 16 November 2020.
 
Angka 17 kasus dalam semalam merupakan yang tertinggi di Adelaide sejak April lalu.
 
"Hasil positif (covid-19) terus bermunculan dari mesin," kata ketua dinas kesehatan Nicola Spurrier kepada kantor berita ABC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Spuerrier mengatakan bahwa klaster terbaru ini terkait dengan sebuah hotel yang digunakan untuk mengkarantina warga Australia yang baru pulang dari luar negeri. Salah satu individu terjangkit covid-19 dalam klaster terbaru diketahui bekerja di hotel tersebut.
 
"Sudah sangat jelas bahwa (klaster) ini berasal dari medi-hotel," ungkapnya, merujuk pada istilah hotel karantina.
 
Otoritas Australia langsung bergegas untuk mengendalikan klaster terbaru, dengan memerintahkan ratusan orang untuk mengisolasi diri. Sejumlah sekolah dan tempat usaha di Adelaide juga ditutup sementara hingga semua kontak yang kemungkinan terinfeksi covid-19 terlacak.
 
Terakhir kalinya klaster covid-19 tercatat di Australia bagian selatan terjadi pada Augstus lalu. Kala itu, otoritas Australia langsung bergerak cepat dalam mengkarantina sekelompok kecil kasus agar tidak meluas ke wilayah lain.
 
Namun dalam klaster kali ini, dikhawatirkan berpotensi menular ke kelompok-kelompok rentan di Adelaide. Seorang sipir penjara dan beberapa relawan lanjut usia dikabarkan termasuk dari 17 kasus terbaru di kota tersebut.
 
Klaster baru di Adelaide muncul saat warga Australia mulai bernapas lega usai berhasil meredam gelombang kedua covid-19 di Melbourne.
 
Melbourne, yang mencatat ribuan kasus dan kematian akibat covid-19 dalam beberapa bukan terakhir, kini sudah mencatat nol infeksi selama lebih dari dua pekan.
 
Baca:Australia Catat Nol Kasus Covid-19 Perdana dalam Lima Bulan
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif