Pemerintah Tiongkok menanggapi penyebaran kembali virus korona di Qingdao. Foto: AFP
Pemerintah Tiongkok menanggapi penyebaran kembali virus korona di Qingdao. Foto: AFP

Dua Pejabat di Qingdao Dipecat Terkait Klaster Baru Covid-19

Internasional Virus Korona tiongkok covid-19
Marcheilla Ariesta • 15 Oktober 2020 13:58
Qingdao: Kepala Komisi Kesehatan dan Direktur sebuah rumah sakit di Kota Qingdao, Tiongkok, dipecat. Keduanya dinilai bersalah atas merebaknya virus korona (covid-19) di sana, tanpa melaporkan adanya kasus lokal selama dua bulan.
 
Baru-baru ini, kota pesisir itu melaporkan adanya 13 infeksi covid-19, sebagian besar terkait dengan Rumah Sakit Dada Qingdao. Rumah sakit ini merupakan tempat para pelancong terinfeksi covid-19 yang datang dari luar negeri dirawat di area isolasi.
 
Laman Channel News Asia, Kamis, 15 Oktober 2020, salah satu kasus melibatkan pekerja dermaga yang sebelumnya pernah terinfeksi covid-19. "Namun, ia hanya mengalami gejala sekitar 20 hari saat itu," ucap pemerintah kota dalam pernyataan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Qingdao mengumumkan pekan ini mereka menguji covid-19 kepada 9 juta penduduknya dalam kurun waktu lima hari. Pada Kamis pagi, lebih dari 7 juta hasil telah keluar dan semuanya tanpa infeksi.
 
Covid-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok akhir tahun lalu. Setelah salah langkah awal, Tiongkok mengambil tindakan agresif untuk mengekang penyebarannya, termasuk melakukan pengujian massal saat ada klaster baru muncul.
 
Langkah ini hampir berhasil membasmi transmisi domestik.
 
Per hari ini, Tiongkok memiliki 85.622 kasus infeksi covid-19 yang terkonfirmasi. Sebanyak 4.634 orang diantaranya meninggal akibat virus tersebut.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif