Sekelompok prajurit Ukraina saat berada di Avdiivka. (AFP)
Sekelompok prajurit Ukraina saat berada di Avdiivka. (AFP)

Seorang Marinir Korsel Ditahan usai Gagal Pergi ke Ukraina

Internasional korea selatan Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 25 April 2022 19:36
Seoul: Seorang marinir aktif Korea Selatan (Korsel), yang melakukan perjalanan luar negeri tanpa izin, telah ditangkap polisi begitu pulang ke negaranya. Menurut keterangan militer Korsel, marinir yang tak disebutkan namanya itu berusaha pergi ke Ukraina.
 
Dikutip dari AFP, Senin, 25 April 2022, marinir tersebut pergi tanpa izin saat sedang bertugas pada 21 Maret. Ia langsung ditangkap begitu menginjakkan kakinya kembali di Korsel.
 
Korsel telah melarang warganya pergi ke Ukraina sebelum terjadinya invasi Rusia atas alasan keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Personel militer aktif dilarang melakukan perjalanan luar negeri tanpa izin, dan pergi begitu saja dapat dianggap sebagai desersi. Aksi semacam itu merupakan perbuatan kriminal yang dapat dijatuhi vonis 10 tahun penjara.
 
"Kami akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan hukum setelah menyelidiki mengapa ia memilih pergi dari tugasnya," ujar keterangan Korps Marinir Korsel.
 
Menurut kantor berita Yonhap, marinir itu terbang ke Polandia dalam upaya bergabung dengan pasukan Ukraina yang sedang bertahan dari invasi Rusia. Namun ia tidak bisa masuk ke Ukraina karena dilarang petugas di perbatasan Polandia-Ukraina.
 
Diyakini marinir tersebut pernah mengunggah sebuah video di Youtube pada 9 April. Dalam video itu, seorang pria mengaku sedang menjalani "masa sulit" di angkatan bersenjata Korsel.
 
"Saya tidak bisa diam saja begitu mendengar Ukraina, di mana orang-orang menghadapi situasi yang lebih sulit (dari saya)," ucapnya dalam rekaman video. Wajah pria dalam video tersebut tidak disorot kamera.
 
Baca:  Zelensky Minta Bantuan Senjata ke Korea Selatan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif