Poster mengenai pembatasan mencegah covid-19 di lokasi Olimpiade Tokyo. Foto: AFP
Poster mengenai pembatasan mencegah covid-19 di lokasi Olimpiade Tokyo. Foto: AFP

Di Tengah Olimpiade, Kasus Covid-19 Harian Jepang Bertambah Jadi 2.848

Internasional Virus Korona jepang covid-19 pandemi covid-19 Olimpiade Tokyo 2021
Fajar Nugraha • 27 Juli 2021 18:02
Tokyo: Jepang yang tengah menjadi tuan rumah Olimpiade mencatat peningkatan angka penularan covid-19 harian. Tercatat pada Selasa 27 Juli, infeksi virus korona dilaporkan mencapai 2.848 kasus.
 
“Ini adalah yang tertinggi yang dicatat sejak pandemi dimulai,” kata para pejabat di Jepang, seperti dikutip Channel News Asia.
 
Media melaporkan bahwa pihak berwenang telah meminta rumah sakit untuk menyiapkan lebih banyak tempat tidur untuk pasien.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jepang telah menghindari wabah dahsyat yang diderita oleh negara-negara lain seperti India, Indonesia dan Amerika Serikat. Tetapi gelombang kelima pandemi yang dipicu oleh varian Delta menumpuk tekanan pada rumah sakit Tokyo.
 
Pada Minggu, 20,8 persen dari 12.635 pasien covid-19 di ibu kota Jepang telah dirawat di rumah sakit. Sebuah panel penasihat pemerintah melihat tingkat kurang dari 25 persen sebagai pemicu untuk mempertimbangkan pengenaan keadaan darurat.
 
Tokyo telah mengumumkan keadaan darurat keempat bulan ini, yang berlangsung sampai setelah Olimpiade, dan Jepang membuat keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengadakan Olimpiade, ditunda dari tahun lalu oleh pandemi, tanpa penonton untuk membendung penyebarannya.
 
“Karena rumah sakit menerima lebih banyak pasien, Tokyo bertujuan untuk meningkatkan jumlah tempat tidur menjadi 6.406 pada awal bulan depan dari 5.967 sekarang,” ujar media TBS.
 
“Rumah sakit harus mempertimbangkan untuk menunda operasi yang direncanakan dan mengurangi perawatan lain,” sebut TBS, mengutip pemberitahuan kepada lembaga medis dari otoritas kesehatan Tokyo.
 
Pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa faktor musiman, peningkatan mobilitas, dan penyebaran varian akan menyebabkan rebound dalam kasus covid-19 musim panas ini.
 
Sementara vaksinasi meningkatkan perlindungan bagi warga tertua yang paling mungkin membutuhkan perawatan darurat, hanya 36 persen dari populasi yang telah menerima setidaknya satu dosis.
 
Dorongan inokulasi baru-baru ini surut di tengah hambatan logistik setelah mengambil tenaga bulan lalu dari awal yang lamban.
 
Banyak warga Jepang menginginkan Olimpiade ditunda lagi atau dibatalkan, karena khawatir masuknya atlet dan ofisial dapat memicu lonjakan. Meskipun aturan karantina ketat untuk Olimpiade, 155 kasus telah muncul yang melibatkan atlet dan lainnya.
 
Sebuah ‘buku pedoman’ aturan yang ketat untuk menghindari penularan memerlukan pengujian virus yang sering, gerakan terbatas, dan masker yang dikenakan di sebagian besar situasi.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif