Aparat keamanan berada di lokasi ledakan bom di Kabul. (Foto: AFP)
Aparat keamanan berada di lokasi ledakan bom di Kabul. (Foto: AFP)

Ledakan di Dalam Masjid Kabul Tewaskan 2 Orang

Internasional taliban afghanistan isis
Willy Haryono • 03 Juni 2020 07:29
Kabul: Dua orang tewas dan dua lainnya terluka setelah terjadi meledak di dalam sebuah masjid di Zona Hijau di Kabul, Afghanistan. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tariq Arian, melaporkan bahwa bom meledak di Masjid Wazir Akber Khan pada Selasa 2 Juni, sekitar pukul 19.25 waktu setempat saat para jemaah hendak menunaikan ibadah salat Isya.
 
Dikutip dari Al Jazeera, Rabu 3 Juni 2020, Masjid Wazir Akber Khan berlokasi di sebuah area diplomatik di dekat beberapa gedung kedutaan besar dan organisasi internasional.
 
Imam salat Isya kala itu, Mullah Mohammad Ayaz Niazi, merupakan satu dari dua korban tewas. Setelah ledakan, Niazi ditemukan dalam keadaan hidup namun meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan terbaru di ibu kota Afghanistan terjadi usai tujuh warga sipil tewas terkena ranjau darat di wilayah utara. Otoritas Afghanistan menuding kelompok militan Taliban sebagai dalang di balik serangan tersebut.
 
Hingga saat ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terbaru di Kabul. Masjid Wazir Akber Khan berlokasi di dekat pintu masuk ke Zona Hijau, dan dapat diakses baik dari dalam maupun luar zona tersebut.
 
Niazi merupakan tokoh ternama di Kabul. Saat ia menjadi imam, biasanya jemaah datang berbondong-bondong hingga rela salat di luar area masjid.
 
Arian awalnya mengatakan bahwa serangan di masjid Kabul dilakukan pelaku bom bunuh diri. Namun saat investigasi berlanjut, penyebab pasti ledakan belum diketahui.
 
Jubir untuk Presiden Ashraf Ghani menyebut ledakan di Kabul sebagai sebuah serangan "keji."
 
Sabtu kemarin, sebuah minibus berisi kru televisi lokal meledak terkena bom. Serangan yang diklaim grup Islamic State (ISIS) itu menewaskan dua orang, yakni seorang jurnalis dan sopir.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif