Anak dibawah 12 tahun jadi kasus mayoritas covid-19 di Singapura./AFP
Anak dibawah 12 tahun jadi kasus mayoritas covid-19 di Singapura./AFP

Anak di Bawah 12 Tahun Dominasi Kasus Covid-19 Singapura

Internasional Singapura covid-19 anak terinfeksi covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 24 Januari 2022 22:07
Singapura: Kasus covid-19 yang dirawat di rumah sakit Singapura mayoritas diderita oleh anak-anak di bawah 12 tahun. Hal ini dikemukakan Direktur Layanan Medis Singapura, Kenneth Mak.
 
Rumah Sakit Ibu dan Anak KK dan Rumah Sakit Universitas Nasional melaporkan mereka mencatat lebih banyak anak dengan gejala pernapasan terkait covid-19 dan non-covid-19 yang memerlukan perawatan.
 
Lebih banyak anak dengan infeksi Omicron dirawat di rumah sakit, namun tidak butuh perawatan jangka panjang atau intensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun demikian, peningkatan penerimaan memenuhi tempat tidur di bangsal anak kami yang didedikasikan untuk anak-anak yang terinfeksi covid-19," kata Mak, dilansir dari Straits Times, Senin, 24 Januari 2022.
 
Ia menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan kedua rumah sakit untuk memastikan ada kapasitas tempat tidur yang cukup untuk anak-anak. Situasi ini diperparah dengan peningkatan jumlah anak-anak yang menderita infeksi saluran pernapasan non-covid-19.
 
Anak-anak tersebut juga memerlukan perawatan di rumah sakit. Berdasarkan data lokal, anak-anak di bawah 12 tahun yang terinfeksi covid-19 dengan periode 1 Oktober 2021 hingga 16 Januari 2022 mencatat 14.380.
 
Baca juga: Akibat Omicron, Singapura Antisipasi 15 Ribu Kasus Covid-19 per Hari
 
"Empat diantaranya mengalami infeksi parah yang membutuhkan suplementasi oksigen atau perawatan ICU," lanjut dia.
 
Sebanyak 15 anak dalam kelompok ini mengalami sindrom inflamasi multisistem pada anak (MIS-C). MIS-C adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan anak bereaksi berlebihan setelah infeksi covid-19, biasanya dua hingga delapan pekan kemudian.
 
"Angka infeksi Covid-19 yang parah pada anak atau mengalami komplikasi berat setelah terinfeksi Covid-19 bukanlah hal yang sepele," tegasnya.
 
Ia mengatakan, penting untuk mencatat bahwa sementara infeksi pada anak tidak terlalu parah dibandingan pada orang dewasa. Namun, infeksi ini tidak ringan.
 
Anak-anak yang membutuhkan perawatan oksigen atau perawatan ICU berkisar dari kurang dari satu tahun hingga sembilan tahun, semuanya tidak divaksinasi. Di bawah program vaksinasi nasional, tiga dari empat dari mereka akan memenuhi syarat untuk vaksinasi.
 
"Ini memperkuat kebutuhan untuk melindungi anak-anak kita dengan lebih baik dari Covid-19 dan risiko hasil yang buruk. Kami telah meluncurkan program vaksinasi kami untuk anak-anak ini antara usia lima dan 11 tahun, dan kami telah melihat penerimaan yang baik dari vaksin sejauh ini," terang Mak.
 
Per Senin, 23 Januari 2022, kasus baru covid-19 di Singapura mencapai 3.496. Angka ini jauh lebih rendah dibanding dua hari sebelumnya yang mencapai lebih dari 10 ribu kasus. Mayoritas kasus covid-19 di Singapura diketahui varian Omicron.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif