Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Bumi Magnitudo 6,1 Guncang Filipina Selatan

Internasional Gempa Bumi filipina
Willy Haryono • 16 November 2020 12:03
Mindanao: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang kawasan Mindanao di Filipina selatan pada Senin, 16 November 2020. Pusat Seismologi Euro-Mediterania (EMSC) melaporkan, gempa terasa di seantero Mindanao pada pukul 06.37 waktu setempat.
 
Dikutip dari laman Anadolu Agency, EMSC mencatat kedalaman gempa mencapai 15 kilometer, dengan episentrum berada di barat laut dari kota San Agustin di provinsi Surigao del Sur.
 
Sumber gempa kali ini berasal dari pergerakan lempeng tektonik. Otoritas Mindanao memperingatkan bahwa gempa susulan berpotensi terjadi, meski kekuatannya mungkin akan jauh lebih lemah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, gempa terbaru di Mindanao tidak menelan korban jiwa maupun luka serta tidak menimbulkan kerusakan bangunan.
 
Agustus lalu, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang Filipina bagian tengah. Gempa terjadi di Samar, sebuah pulau di Filipina. Guncangan gempa terasa kuat di Mapanas, Legazpi, Lezo, dan Aklan.
 
Dua kota lainnya yang juga merasakan guncangan gempa adalah Iloilo dan Roxas City.
 
Baca:Gempa Bumi Magnitudo 6,9 Guncang Filipina
 
Satu bulan setelahnya, gempa berkekuatan magnitudo 6,3 mengguncang Mindanao. Menurut laporan di situs Volcano Discovery, episentrum gempa berkisar 90 kilometer dari Davao City.
 
Filipina sering diguncang gempa bumi dan erupsi gunung berapi karena berada di Cincin Api atau Ring of Fire, area yang rentan dilanda aktivitas seismik.
 
Menurut catatan National Geographic, terdapat 452 gunung berapi di Ring of Fire. Dalam empat abad terakhir, Mayon telah meletus 51 kali, dan dianggap sebagai gunung berapi paling aktif di Filipina.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif