Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam acara Indonesia Green Summit 2021. Foto: Medcom.id/Marcheilla.
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam acara Indonesia Green Summit 2021. Foto: Medcom.id/Marcheilla.

Indonesia Sudah di Jalur Tepat dalam Hadapi Perubahan Iklim

Internasional perubahan iklim Indonesia Green Summit 2021 Green Summit
Marcheilla Ariesta • 27 Juli 2021 18:12
Jakarta: Indonesia sudah berada di jalur tepat dalam menghadapi perubahan iklim. Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyebutkan, posisi Indonesia dalam negosiasi global untuk perubahan iklim sangat kuat dan positif.
 
"Indonesia saat ini masuk ke dalam negosiasi global dengan posisi kuat dan leading by example. Ini dikarenakan komitmen kuat kita untuk mencapai 29 persen emisi CO2 pada 2030, dapat dikatakan sepenuhnya baik," ucap Mahendra dalam Indonesia Green Summit 2021, Selasa, 27 Juli 2021.
 
Mahendra bahkan optimis juga target tersebut akan dicapai lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Hal ini dibuktikan dengan aksi konkret Indonesia dalam menjaga hutan dan lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan kekuatan kita sendiri, memposisikan Indonesia dalam kondisi kuat, bukan konteks lemah, atau cari alasan, tapi justru aksi konkret karena kita sudah berhasil mendapatkan pencapaian begitu baik di sektor kehutanan," serunya.
 
Menurut Wamenlu, transformasi yang dicapai Indonesia di sektor kehutanan luar biasa. Ia mencontohkan, tahun lalu jumlah deforestasi dan kebakaran hutan di Indonesia menurun hingga 85 persen.
 
Baca juga: Strategi Sektor Pertanian Tekan Emisi Karbon
 
Mahendra mengatakan, Indonesia sangat berhasil dibandingkan dengan negara maju yang malah terus 'berkutat' dengan kebakaran hutan dan lahan. Menurutnya, kebakaran hutan di Australia mencapai 20 kali dibanding Indonesia, sedangkan Amerika Serikat hingga 50 kali luasnya.
 
"Pencapaian kita ini seimbang dengan langkah kita menuju tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Indonesia so far so good, we are on track (Indonesia sejauh ini baik, dan berada di jalur tepat). Kredibilitas kita kuat, didukung bukti akuntabel," serunya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif