Topan Molave di Filipina. Foto: AFP.
Topan Molave di Filipina. Foto: AFP.

Hadapi Topan Molave, Vietnam Evakuasi 1,3 Juta Warganya

Internasional bencana alam dunia vietnam Topan Molave
Marcheilla Ariesta • 26 Oktober 2020 21:11
Hanoi: Vietnam bersiap untuk mengevakuasi 1,3 juta orang jelang dihantam topan Molave. Topan ini sudah melanda Filipina dan menyebabkan banjir serta tanah longsor.
 
Laman TRT World, Senin, 26 Oktober 2020 melaporkan, topan Molave memiliki kecepatan angin hingga 125 kilometer per jam, dan hembusannya hingga 150 kilometer per jam saat meninggalkan pulau Luzon di Filipina.
 
Molave diperkirakan akan mendarat di Vietnam pada Rabu mendatang dengan kecepatan angin hingga 135 kilometer per jam. Ini akan menjadi badai keempat yang melanda Vietnam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Negara ini tengah dilanda beberapa bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor pada bulan ini. Sebanyak 130 orang tewas dan 20 orang hilang akibat bencana alam tersebut.
 
Vietnam rentan terhadap badai dan banjir karena garis pantainya yang panjang.
 
"Ini adalah topan yang sangat kuat yang akan berdampak luas ke seluruh wilayah," kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc.
 
Ia membandingkan Molave dengan Topan Damrey yang menewaskan lebih dari 100 orang di Vietnam pada pertengahan 2017. Phuc juga memerintahkan kapal untuk segera ke daratan dan menyuruh pasukan keamanan bersiap-siap.
 
"Pasukan harus mengerahkan kekuatan penuh untuk mendukung orang-orang, termasuk memobilisasi helikopter, tank, dan alat transportasi lain jika diperlukan," seru Phuc.
 
Sekitar 11,8 juta orang di provinsi pesisi Vietnam menghadapi ancaman banjir hebat, dengan 35 persen pemukiman terletak di garis pantai yang padat dan terkikis.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif