NEWSTICKER
Pemandangan di salah satu situs ternama di Singapura. (Foto: AFP)
Pemandangan di salah satu situs ternama di Singapura. (Foto: AFP)

WNI Meninggal di Singapura Punya Riwayat Penyakit Jantung

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 21 Maret 2020 15:01
Jakarta: Seorang warga negara Indonesia (WNI) meninggal di Singapura setelah terjangkit virus korona covid-19. WNI yang diketahui sebagai pria 64 tahun ini memiliki riwayat sakit jantung dan pneumonia.
 
Ia tersebut merupakan satu dari dua kematian perdana akibat covid-19 di Singapura. Satu pasien meninggal lainnya merupakan seorang warga Singapura.
 
Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, telah menelepon mitranya, Menlu Retno Marsudi, untuk menyampaikan informasi kematian seorang WNI. Sementara itu, Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong, juga telah menyampaikan belasungkawa untuk keluarga dari kedua pasien covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sangat sedih dengan kematian mereka. Kami terus mendoakan keluarga keduanya di tengah masa sulit ini. Kami akan memberikan semua bantuan yang diperlukan untuk keluarga mereka," kata Kim Yong dikutip dari situs Kementerian Kesehatan Singapura, Sabtu 21 Maret 2020.
 
Kim Yong juga menyampaikan seruan agar semua pihak tetap bersemangat dan terus berkontribusi sesuai peran masing-masing dalam melawan covid-19.
 
"KBRI Singapura akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan akan terus memonitor perkembangan WNI pasienn covid-19 lainnya yang dirawat di Singapura," demikian dikutip dari pernyataan Kemenlu RI.
 
Sebelumnya, kematian WNI ini dikonfirmasi oleh Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Judha Nugraha. "Seorang WNI laki-laki berusia 64 tahun yang terinfeksi covid-19 yang selama ini dirawat di Singapura telah meninggal dunia pada hari ini, Sabtu 21 Maret 2020," tuturnya.
 
Baca:Kemenlu Konfirmasi WNI di Singapura Meninggal akibat Korona
 
Judha mengatakan sesuai dengan peraturan setempat mengenai privasi, KBRI Singapura melalui Kementerian Kesehatan Singapura memberikan nomor kontak kepada pihak keluarga. Nomor kontak ini dapat dihubungi jika keluarga memerlukan bantuan terkait pengurusan pemulasaraan jenazah.
 
WNI yang meninggal merupakan kasus ke-212 di Singapura. Dia sudah dalam kondisi kritis sejak dirawat di ICU National Centre for Infectious Disease (NCID) pada 13 Maret lalu.
 
"Pihak keluarga sudah diberitahu langsung oleh Kementerian Kesehatan Singapura. Kemkes Singapura telah menyampaikan informasi mengenai hal ini bersama semua informasi terkait kepada Kemkes RI," kata Kemenlu RI.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif