Seorang prajurit Myanmar bertugas melakukan disinfektasi sebuah gedung. Foto: AFP
Seorang prajurit Myanmar bertugas melakukan disinfektasi sebuah gedung. Foto: AFP

Myanmar Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Korona

Internasional Virus Korona myanmar Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 31 Maret 2020 17:15
Yangon: Kementerian Kesehatan Myanmar melaporkan satu warganya meninggal dunia karena virus korona covid-19. Ini merupakan kematian perdana akibat covid-19 di negara tersebut.
 
Pasien yang meninggal berusia 69 tahun. Dia diketahui baru pulang dari Australia dan singgah selama empat hari di Singapura.
 
"Pasien meninggal sekitar pukul 07.30 pagi (waktu setempat) Selasa 31 Maret 2020 di rumah sakit Way Bar Gyi di Yangon," kata juru bicara Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar Dr Khin Khin Gyi, dilansir dari Channel News Asia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Kemenkes Myanmar, pria itu tiba pada 14 Maret setelah pulang dari Australia untuk menjalani perawatan kanker hidung. Dia sempat singgah empat hari di Singapura sebelum kembali ke Myanmar.
 
Pada 18 Maret, pria itu mengalami gejala dan dirawat di unit perawatan intensif Rumah Sakit Umum Yangon pada 25 Maret. Sehari kemudian dia dilaporkan positif terjangkit covid-19.
 
Pada Senin kemarin, Myanmar melaporkan empat kasus baru covid-19, sehingga total pasien positif di negara itu menjadi 14 orang.
 
Akhir pekan lalu, Myanmar memberlakukan pembatasan perjalanan terketat, melarang penerbangan komersial internasional dari pendaratan di semua bandara dalam upaya untuk menghentikan virus korona dari luar negeri.
 
Sekretaris Tetap Kemenkes Myanmar Thar Tun Kyaw mengatakan kasus covid-19 bisa saja sudah masuk ke negara tersebut melalui perbatasan darat sebelum 23 Maret. Di tanggal itu, Myanmar mengumumkan dua kasus positif pertama mereka.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif