Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu RI

Menlu: WNI Jemaah Tabligh di Luar Negeri 1.456 Orang

Internasional Virus Korona wni menlu retno lp marsudi virus corona
Marcheilla Ariesta • 31 Maret 2020 16:06
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan jemaah tabligh di luar negeri berjumlah 1.456. Menlu menambahkan angka ini bisa bertambah.
 
"Mengenai jemaah tabligh, at least (setidaknya) data yang kita peroleh sampai saat ini adalah sekitar 1.456 orang," tutur Retno di Jakarta, Selasa 31 Maret 2020.
 
Dari jumlah tersebut, sebanyak 731 orang berada di India. Sementara itu, ada juga jemaah tabligh Indonesia yang berada di Malaysia. Mereka mengikuti kegiatan tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur pada akhir Februari lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan tersebut dilaporkan menjadi penyumbang warga yang positif covid-19 di Malaysia. Ada WNI juga yang diketahui menjadi pasien covid-19 di Negeri Jiran.
 
Meski demikian, belum ada keterangan resmi jumlah WNI jemaah tabligh yang terjangkit covid-19. Namun, data dari Kementerian Luar Negeri RI, sebanyak 34 WNI terjangkit covid-19 di sana.
 
"33 (kondisi) stabil, satu meninggal dunia," demikian dikutip dari infografis Kemenlu RI hari ini.
 
Dalam akun Safe Travel disebutkan WNI yang terjangkit covid-19 di luar negeri juga terus bertambah menjadi 133 orang. Mereka tersebar di 20 negara dan wilayah di seluruh dunia.
 
Sebanyak tiga WNI di luar negeri dilaporkan meninggal dunia akibat covid-19, yakni di Singapura, Inggris, dan Malaysia. Dua orang juga dalam penanganan khusus di Singapura.
 
Sementara itu, sebanyak 14 WNI di luar negeri dilaporkan sembuh. Mereka berada di Belanda, Jepang, Spanyol, dan Singapura.
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif