ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)
ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 5,3 dengan Potensi Guncangan Susulan

Internasional gempa Gempa Bumi filipina
Willy Haryono • 23 Januari 2022 16:43
Manila: Sebuah gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Davao Oriental di Filipina selatan, Minggu petang, 23 Januari 2022. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mencatat episentrum gempa berlokasi sekitar 98 kilometer dari kota Manay dengan kedalaman mencapai 19 km.
 
Dilansir dari Xinhua, Phivolcs mengatakan gempa jenis tektonik ini akan memicu beberapa guncangan susulan. Meski begitu, rentetan guncangan diyakini tidak akan menimbulkan kerusakan signifikan di sekitar episentrum.
 
Kawasan Davao sudah diguncang dua gempa bumi berkekuatan masing-masing magnitudo 6,1 dan 5,4 pada Sabtu kemarin. Tidak ada kerusakan yang diakibatkan kedua gempa tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Filipina, Guncangan Moderat Terasa di Davao
 
Awal Desember lalu, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang provinsi Davao Occidental di Filipina bagian selatan.
 
Tiga bulan sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5,7 melanda Provinsi Batangas di pulau Luzon pada pukul 01.12 pagi. Saat itu, penduduk ibu kota Manila juga merasakan guncangan.
 
Seperti beberapa negara Asia Tenggara lainnya, Filipina berada di Cincin Api atau Ring of Fire, sebuah zona yang rentan dilanda aktivitas seismik.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif