Vaksin Sputnik V dari Rusia yang dikembangkan Institut Gamaleya. Foto: AFP
Vaksin Sputnik V dari Rusia yang dikembangkan Institut Gamaleya. Foto: AFP

Rusia Keluarkan Vaksin, Indonesia Terus Dorong Kerja Sama Kesehatan

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 13 Agustus 2020 16:59
Jakarta: Rusia telah mengumumkan vaksin Sputnik V menjadi vaksin pertama untuk virus korona (covid-19). Kemunculan vaksin ini disampaikan di saat para negara besar tengah berlomba menciptakan vaksin untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
Terkait hal ini, Indonesia terus mendorong kerja sama sektor kesehatan dengan Rusia, termasuk mengenai vaksin dan penelitian di bidang teknologi kesehatan.
 
Baca: Vaksin Covid-19 Keluaran Rusia Diluncurkan Oktober.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang saat ini sedang kita dorong adalah pertemuan lebih lanjut untuk membahas aspek-aspek teknis kerja sama di antara kedua negara," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah dalam jumpa pers virtual, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Pembahasan kerja sama telah dilakukan antara Kementerian Kesehatan kedua negara pada 5 Juli 2020. Pembahasan ini merupakan tindak lanjut pembicaraan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 13 April 2020 lalu.
 
Meski demikian, Faizasyah tidak menjelaskan lebih lanjut bentuk kerja sama yang dimaksud berkaitan dengan vaksin dari Rusia. "Sebatas itu yang bisa kami sampaikan sekarang," imbuhnya.
 
Pada 11 Agustus lalu, Putin mengumumkan Rusia menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin covid-19. Keputusan Moskow tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan para ahli.
 
Baca: Rusia Sebut Vaksin Sputnik V Siap untuk Petugas Medis.
 
Vaksin Sputnik V dikembangkan oleh Institut Gamaleya dan rencananya akan diproduksi sebanyak 5 juta dosis per bulan pada Desember hingga Januari mendatang.
 
Beberapa negara, seperti Filipina dan Kazakhstan sudah menyatakan minat untuk menjalin kerja sama dengan Rusia terkait pengembangan dan akses vaksin tersebut.

 
(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif