Menlu AS Mike Pompeo lakukan pertemuan dengan Menlu Retno Marsudi di Jakarta 29 Oktober 2020. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu AS Mike Pompeo lakukan pertemuan dengan Menlu Retno Marsudi di Jakarta 29 Oktober 2020. Foto: Dok.Kemenlu RI

Menlu AS Dukung Kedaulatan Maritim Indonesia di Laut Natuna Utara

Internasional indonesia-as menlu retno lp marsudi Mike Pompeo
Fajar Nugraha • 29 Oktober 2020 10:22
Jakarta: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo melakukan kunjungan ke Jakarta dan bertemu dengan Menlu Retno Marsudi pada Kamis 29 Oktober 2020. Pompeo kembali menyindir Tiongkok mengenai Laut China Selatan.
 
Berbicara dalam konferensi pers yang disiarkan melalui virtual dari Gedung Pancasila, Pompeo mengkritik klaim Tiongkok mengenai Laut China Selatan.
 
“Sebagai negara yang mematuhi hukum, kami menolak klaim yang dilakukan Tiongkok mengenai Laut China Selatan,” tegas Pompeo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jelas juga terlihat kepemimpinan yang penuh keberanian dari Indonesia mengenai isu Laut China Selatan di ASEAN dan juga di PBB,” ungkapnya.
 
Menurut Pompeo, sikap Indonesia ini adalah tujuan yang sangat pantas untuk dilakukan dalam wadah multilateral dan Pemerintahan Donald Trump sangat tmendukung ini.
 
“Kami juga menyambut baik contoh yang diberikan Indonesia dalam menjaga kedaulatan maritim terutama di Laut Natuna Utara. Saya menantikan untuk bekerja sama dalam cara yang baru guna memastikan keamanan maritim dapat melindungi rute perdagangan yang paling sibuk,” tutur Pompeo.
 
?Menlu Retno menegaskan bahwa bagi Indonesia, Laut China Selatan harus dijaga sebagai laut yang stabil dan damai. Hukum internasional khususnya UNCLOS 1982 harus dihormati dan dilaksanakan. “Oleh karena itu, setiap klaim harus didasarkan pada prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara universal termasuk UNCLOS 1982,” tegas Menlu Retno.
 
Isu kerja sama kontra terorisme juga menjadi perhatian Menlu AS itu. Selama dua dekade terakhir kerja sama kontra terorisme antara Indonesia dan AS merefleksikan kapasitas untuk bekerja bersama mengimpor nilai-nilai demokrasi antara dua negara.
 
Indonesia sudah melakukan banyak untuk memerangi terorisme dan sudah melakukan hal itu dengan tanpa melakukan melanggar kebebasan sipil. Kami mendorong agar Indonesia tetap melakukan pendekatan itu.
 
Menlu Pompeo menambahkan, Indonesia telah memberikan banyak contoh baik di kawasan ini. Dirinya pun menyebutkan pemerintahan Presiden Donald Trump memuji persahabatan yang diberikan saat ini.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif