Ken Miichi dari Waseda University dalam webinar Civil Society Melawan Covid-19: Pengalaman Berbagai Negara, Sabtu, 24 Juli 2021. (SAS)
Ken Miichi dari Waseda University dalam webinar Civil Society Melawan Covid-19: Pengalaman Berbagai Negara, Sabtu, 24 Juli 2021. (SAS)

Gara-Gara Olimpiade, Kepercayaan Warga Jepang ke PM Suga Menurun

Internasional jepang Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2021
Marcheilla Ariesta • 24 Juli 2021 17:07
Jakarta: Olimpiade Tokyo 2020 sempat tertunda selama setahun karena pandemi Covid-19. Merasa sudah tidak bisa ditunda lagi, pemerintah Jepang bersikeras agar olimpiade digelar tahun ini.
 
Namun, tekad pemerintah Jepang dalam mendorong pelaksanaan olimpiade berimbas pada menurunnya kepercayaan masyarakat.
 
"Kebanyakan masyarakat berpikir pemerintah lebih mengutamakan Olympic Games daripada kesehatan mereka," kata Ken Miichi dari Waseda University dalam webinar Civil Society Melawan Covid-19: Pengalaman Berbagai Negara, Sabtu, 24 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ken menuturkan, sebenarnya Olimpiade dibuat untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas kepemimpinan Perdana Menteri Yoshihide Suga. Hal serupa pernah dilakukan Presiden Joko Widodo saat pelaksanaan Asian Games 2018 lalu.
 
Namun, Suga tidak seperti Jokowi, karena ia tidak berhasil meraih kepercayaan masyarakat. Malahan, tingkat popularitasnya menurun.
 
"Saya perkirakan PM Suga akan mundur dalam beberapa waktu mendatang karena kebijakannya kurang efisien," imbuh dia.
 
Olimpiade Tokyo digelar mulai dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Lebih dari 200 negara berpartisipasi dalam kompetisi olahraga terbesar di dunia ini.
 
Baca:  Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo Diwarnai Sesi Mengheningkan Cipta
 
Namun, pelaksanaan Olimpiade Tokyo ini dilakukan di tengah kasus covid-19 yang semakin meningkat di negara itu. Varian Delta covid-19 menjadi salah satu penyebab angka infeksi covid-19 semakin tinggi.
 
Walaupun protokol kesehatan yang dilakukan sangat ketat untuk pelaksanaan kompetisi olahraga tersebut, banyak masyarakat yang menentangnya dan meminta pemerintah untuk fokus pada penanggulangan pandemi.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif