Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Teuku Faizsyah. Foto: Medcom.id
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Teuku Faizsyah. Foto: Medcom.id

BDF Beri Kesempatan Negara Demokrasi Cari Keseimbangan di Tengah Pandemi

Internasional Virus Korona demokrasi bdf Demokrasi Indonesia pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 04 Desember 2021 16:59
Jakarta: Pandemi Covid-19 berimbas pada menurunnya kualitas demokrasi di dunia, termasuk di Indonesia. Namun di waktu bersamaan, pandemi memberikan kesempatan untuk negara demokrasi mencari keseimbangan baru.
 
"Sebab, ada kebutuhan pengendalian pandemi dan di sisi lain, ada kebutuhan untuk tetap menjaga hak-hak masyarakat," kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, dalam kegiatan diskusi “Menuju Bali Democracy Forum : Demokrasi di Era Pandemi, Menjawab Tantangan Dari Setiap Negeri”.
 
Ia menambahkan, pada negara demokrasi, percobaan mencari keseimbangan itu dimungkinkan. Pasalnya, pemerintah dan masyarakat madani bebas menyatakan pendapatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diskusi tersebut menjadi salah satu cara mencari keseimbangan baru di tengah pandemi, yang sulit untuk dilakukan pada negara otoriter. Faizasyah mengatakan, lewat Bali Democracy Forum (BDF), Indonesia ingin menyediakan wadah bagi negara demokrasi untuk berbagi pengalaman dalam mengelola sistem tersebut di tengah pandemi.
 
Baca juga: Demokrasi untuk Kemanusiaan, Fokus Bali Democracy Forum Tahun Ini
 
Faizasyah menegaskan, BDF tidak ditujukan untuk membandingkan beragam versi demokrasi. Forum ini juga tidak bermaksud menyamakan sistem demokrasi di berbagai negara.
 
"Demokrasi itu amat berwarna," ujarnya.
 
Ia menuturkan,  BDF sejak awal tidak dirancang sebagai ajang mencari format terbaik demokrasi. BDF dirancang menjadi forum berbagi untuk negara yang sedang mempraktikkan atau masih berminat pada demokrasi.
 
BDF akan digelar di Bali pada 9 Desember mendatang. Tahun ini, BDF mengambil tema 'Democracy for Humanity: Advancing Economic and Social Justice during the Pandemic'.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif