Menlu AS Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia. Foto: AFP
Menlu AS Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia. Foto: AFP

Ke Indonesia, Menlu AS Hadiri Forum Gerakan Pemuda Anshor

Internasional indonesia-as menlu retno lp marsudi Mike Pompeo
Marcheilla Ariesta • 22 Oktober 2020 16:17
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengonfirmasi rencana kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, pekan depan. Retno mengatakan pembahasan mengenai rencana ini terus dibahas dengan Kedutaan Besar AS di Indonesia.
 
Baca: Menlu AS Akan Berkunjung ke Indonesia, Apa yang Dicari?.
 
Selain melakukan pertemuan bilateral dengannya, Retno mengatakan Pompeo akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Anshor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secretary Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Anshor mengenai dialog agama dan peradaban," kata Retno dalam jumpa pers mingguan secara daring, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Amerika Serikat, kata Retno merupakan salah satu mitra penting Indonesia. Karenanya, Indonesia ingin terus membangun kemitraan kokoh yang saling menguntungkan dan menghormati dengan AS.
 
"Komitmen kuat peningkatan kemitraan ini tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara bahkan di masa pandemi ini," imbuh dia.
 
Sebelumnya, ada Wakil Menteri Pertahanan AS yang ke Indonesia dan melakukan pertemuan dengan Menlu Retno. Belum lama ini, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto juga melakukan kunjungan ke Washington.
 
Pekan ini, kata Retno, delegasi US International Development Cooperation juga akan berkunjung ke Indonesia. Lalu pekan depan, Menlu Pompeo ke Jakarta, namun tanggalnya belum dipastikan.
 
"Saya yakin, bilateral saya dengan Pompeo akan berjalan dengan baik, dan sekali lagi dapat memperkokoh hubungan bilateral kita dengan Amerika Serikat," pungkasnya.
 
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael R. Pompeo akan melakukan perjalanan ke Jakarta, minggu depan. Selain Indonesia, Pompeo akan melawat ke India, Sri Lanka dan Maladewa.
 
"Kunjungan Menlu Pompeo akan berlangsung pada 25 hingga 30 Oktober," ujar keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri AS.
 
"Di New Delhi (India) Menlu Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark T. Esper dan rekan-rekan India mereka akan memimpin Dialog Tingkat Menteri 2 + 2 tahunan AS-India yang ketiga. Pertemuan ditujukan untuk memajukan Kemitraan Strategis Global Komprehensif AS-India dan memperluas kerja sama untuk mempromosikan stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik serta dunia," imbuh pernyataan itu.
 
Kemudian Menlu Pompeo akan melakukan perjalanan ke Kolombo untuk menggarisbawahi komitmen Amerika Serikat pada kemitraan dengan Sri Lanka yang kuat dan berdaulat dan untuk memajukan tujuan bersama kita untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.
 
Juru Bicara Kemenlu AS Morgan Ortagus menegaskan, Menlu Pompeo kemudian akan melakukan perjalanan ke Malé, Maladewa untuk menegaskan kembali hubungan bilateral kedua negara. “Tentunya juga memajukan kemitraan kami dalam berbagai masalah mulai dari keamanan maritim regional hingga perang melawan terorisme,” imbuh Ortagus.
 
“Menlu akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menyampaikan sambutan publik dan bertemu dengan mitranya dari Indonesia untuk menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tutur Ortagus.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif