Warga Hong Kong menerima suntikan vaksin covid-19. Foto: AFP
Warga Hong Kong menerima suntikan vaksin covid-19. Foto: AFP

Hong Kong Tetapkan Indonesia sebagai Negara Risiko Tinggi Covid-19

Internasional Garuda Indonesia Virus Korona hong kong indonesia-hong kong pandemi covid-19
Juven Martua Sitompul • 24 Juni 2021 06:56
Hong Kong: Pemerintah Hong Kong memasukan Indonesia ke dalam negara yang berisiko tinggi terkait penularan covid-19. Akibatnya semua penerbangan dari Indonesia tidak diperbolehkan masuk ke Hong Kong.
 
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong mengatakan, Pada 23 Juni 2021, Pemerintah Hong Kong telah mengumumkan bahwa mulai 25 Juni 2021 akan menetapkan status Indonesia menjadi negara kategori A1 (extremely high risk atau berisiko tinggi).
 
Baca: Hong Kong Hentikan Sementara Penerbangan Garuda Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dalam kategori A1, maka semua penumpang penerbangan dari Indonesia tidak diperbolehkan memasuki Hong Kong,” sebut pernyataan KJRI Hong Kong, dikutip dari situs Kemlu.
 
“Kebijakan ini ditempuh Pemerintah Hong Kong karena terdapat peningkatan jumlah imported cases atau kasus impor covid-19 dari Indonesia. Kebijakan ini diterapkan bersama sama Filipina, India, Nepal dan Pakistan yang telah masuk kategori A1 terlebih dahulu,” imbuhnya.
 
Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dikaji ulang secara periodik.
 
Khusus bagi pekerja migran Indonesia (PMI) yang terdampak kebijakan baru ini agar segera menghubungi majikan dan agen masing-masing. KJRI Hong Kong akan memastikan pemenuhan hak-hak PMI sesuai ketentuan yang berlaku.
 
KJRI Hong Kong juga akan terus memantau perkembangan kebijakan ini. Jika warga negara Indonesia yang membutuhkan bantuan atau informasi lebih disarankan untuk menghubungi hotline KJRI Hong Kong pada WA +852 67730466 dan +852 6894 2799.

Garuda Indonesia dilarang

Pemerintah Hong Kong sebelumnya menghentikan sementara penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke wilayahnya. Itu dipicu laporan tujuh kasus impor baru covid-19 pada Selasa 22 Juni 2021, yang berasal dari Indonesia.
 
“Pasien terakhir termasuk enam wanita dari Indonesia dan seorang pria berusia 51 tahun yang riwayat perjalanannya belum jelas,” menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong (CHP), seperti dikutip dari China Daily HK, Rabu 23 Juni 2021.
 
“Tak satu pun dari mereka menunjukkan gejala apa pun,” imbuh pernyataan itu.
 
CHP mengatakan penerbangan penumpang dari Jakarta yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia di Hong Kong dilarang mendarat di Hong Kong mulai 22 Juni hingga 5 Juli.
 
“Departemen Kesehatan membuat keputusan setelah empat penumpang Garuda Indonesia penerbangan GA876 dinyatakan positif terkena virus pada Minggu setelah mereka tiba di Hong Kong dari Jakarta,” kata CHP.
 
Selasa menandai hari ke-15 berturut-turut Hong Kong tidak memiliki infeksi covid-19 lokal baru. Penghitungan kota mencapai 11.896.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif