Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani

Jokowi-PM Vietnam Bahas Masalah Kesehatan Hingga Myanmar

Internasional kesehatan Virus Korona konflik myanmar asean indonesia-vietnam presiden joko widodo vaksin covid-19 Kudeta Myanmar
Nur Azizah • 23 April 2021 19:08
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Vietnam Ph?m Minh Chính melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kedua pimpinan negara itu membahas masalah kesehatan.
 
Indonesia dan Vietnam bakal memperkuat kerja sama kesehatan. Kerja sama ini dinilai penting, terutama saat pandemi covid-19.
 
"Presiden mendorong kedua negara untuk menyerukan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara dan untuk jangka panjang menciptakan ketahanan kesehatan di Asia Tenggara," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi dan Ph?m Minh juga membahas masalah peningkatan kerja sama ekonomi. Presiden ke-7 RI itu mengajak Vietnam untuk menurunkan hambatan baik di bidang dagang dan investasi.
 
Jokowi juga menekankan pentingnya percepatan perundingan perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Perundingan itu telah berlangsung 11 tahun. Namun, Jokowi ingin pembahasan ZEE dipercepat serta menyarankan agar tim teknis kedua negara dapat segera berunding kembali dan menyelesaikan negoisasi.
 
"Ditekankan Presiden bahwa penyelesaian perundingan sangat penting karena memberikan kejelasan mengenai ZEE masing-masing, mengurangi kemungkinan adanya insiden kapal-kapal nelayan, serta menekankan pentingnya bahwa klaim batas ZEE antarnegara harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional," jelas dia.
 
Baca: Indonesia-Vietnam Sepakat Kekerasan di Myanmar Harus Dihentikan
 
Kepala Negara dan Ph?m Minh juga turut membahas perkembangan situasi di Myanmar. Mereka saling tukar pandangan terkait situasi di Myanmar dan menyampaikan keprihatinan atas kekerasan dan jatuhnya korban jiwa.
 
"PM Vietnam menyampaikan bahwa kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar. Presiden (Jokowi) mengenai isu Myanmar menyampaikan posisi Indonesia terkait Myanmar dari sejak awal sudah jelas, keselamatan dan kesejahteraan rakyat myanmar menjadi prioritas," ucap Retno.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif