Ilustrasi Start Up./AFP
Ilustrasi Start Up./AFP

35 Perusahaan Teknologi RI Ikuti Program Pelatihan Start-Up UK-Indonesia Tech Hub

Marcheilla Ariesta • 12 November 2021 21:45
Bogor: UK-Indonesia Tech Hub yang beroperasi dibawah Digital Access Program (DAP) yang dipimpin oleh Commonwealth and Development Office (FCDO)  dan Endeavor bekerja sama untuk meluncurkan program scale-up bagi para startup di Indonesia. Program ini diberi nama Nurture to Scale. 
 
Program ini bertujuan untuk membina para start-up di Indonesia dengan menyediakan akses ke sejumlah sumber daya, pengetahuan, pemimpin bisnis, serta mentor untuk meningkatkan bisnis mereka.
 
Program tersebut dibuat karena melihat generasi muda Indonesia sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital negara. Sektor start-up teknologi Indonesia dinilai semakin menjadi sarang investasi karena decacorn dan unicornnya terus menarik perhatian perusahaan teknologi raksasa dan para pemodal ventura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tantangan hidup saat ini menuntut kita untuk meningkatkan keterampilan seiring dengan perubahan tren teknologi. Saya senang menyaksikan dinamisme dan perkembangan dunia start-up Indonesia, yang juga didukung secara aktif oleh Inggris," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, dalam pernyataan Kedutaan Inggris di Jakarta, Jumat, 12 November 2021.
 
"UK – Indonesia Tech Hub hanya dapat memiliki peran yang berdampak dalam mendukung pertumbuhan dan inklusivitas ekosistem digital Indonesia karena pertama-tama kami berusaha memahami rintangan yang dihadapi oleh kelompok minoritas untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis mereka," lanjut dia.
 
Menurutnya, semua itu sejalan dengan tujuan mereka untuk menggiatkan ekonomi digital lokal di Indonesia. Program ini, kata dia akan bermanfaat bagi seluruh peserta.
 
"Kolaborasi seperti ini memicu inovasi, menjalin kemitraan baru, dan memperkuat ikatan antara Inggris dan Indonesia," imbuh Jenkins.
 
Baca juga: RI Dorong JETCO Buka Peluang Perdagangan Bebas dengan Inggris
 
Dari total 99 pelamar dari 23 lokasi di seluruh Indonesia, 35 start-up yang mewakili delapan provinsi dan 13 kota terpilih untuk mengikuti program lokakarya dan sesi mentoring Nurture to Scale selama 8 minggu.
 
Provinsi yang terlibat antara lain, Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara.
 
Para founder yang menjadi sasaran program ini adalah mereka yang memiliki bisnis dalam bidang teknologi atau diperkuat dengan teknologi dengan kantor pusat di Indonesia. Bisnis tersebut bukan dalam tahap ide melainkan telah memiliki produk dan telah membangun daya tarik pasar yang cukup.
 
Prioritas peserta diberikan kepada startup yang dipimpin perempuan, yang fokus di bidang teknologi kesehatan, tanggap covid-19, aksi tanggap bencana, Usaha Kecil Menengah (UKM), perubahan iklim, kemanusiaan, serta pendidikan dan pemberdayaan perempuan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif