Menlu Retno Marsudi dukung proses damai di Afghanistan. Foto: Dok. Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi dukung proses damai di Afghanistan. Foto: Dok. Kemenlu RI

Indonesia Terus Dorong Negosiasi Afghanistan-Taliban untuk Perdamaian Abadi

Internasional taliban afghanistan menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 03 Desember 2020 14:57
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan perkembangan terkait Negosiasi Damai Afghanistan. Retno mengatakan, perundingan antara Taliban dan Pemerintah Afghanistan belum mengalami kemajuan berarti.
 
"Dalam perkembangannya, pada 2 Desember 2020, kedua pihak telah berhasil menyepakati tahap awal perundingan, yaitu rules of procedures," tutur Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis, 3 Desember 2020.
 
"Tahapan ini penting, karena memungkinkan tahapan berikutnya, di mana negosiasi isu substantif dapat dimulai," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno menuturkan, Indonesia menyambut baik perkembangan positif tersebut. Menurutnya, langkah itu penting menuju perdamaian abadi di Afghanistan.
 
"Indonesia mendorong kedua pihak untuk terus melakukan interaksi secara konstruktif yang didasarkan pada niat baik dan upaya untuk mencari solusi bersama, agar negosiasi terhadap isu substantif dapat segera dimulai," seru Retno.
 
Indonesia, sambung dia, juga menggarisbawahi prinsip Afghan-owned, Afghan-led dan pentingnya proses perdamaian inklusif. Dalam hal ini termasuk peran ulama dan perempuan.
 
Menlu perempuan pertama RI itu berharap kedua pihak segera membahas upaya untuk mengakhiri kekerasan. Upaya yang diusulkan antara lain menerapkan jeda kemanusiaan yang diharapkan dapat berlanjut dengan kesepakatan gencatan senjata permanen.
 
"Selain mengakhiri penderitaan rakyat Afghanistan, jeda kemanusiaan juga akan memungkinkan penanganan dampak pandemi virus korona (covid-19) di Afghanistan," tuturnya.
 
Dalam proses perdamaian ini, Indonesia masuk sebagai negara Quint Support Group. Retno berjanji, Indonesia akan terus berperan melalui Quint untuk mendukung proses perdamain ini.
 
"Indonesia juga berkomitmen terhadap upaya-upaya menciptakan perdamaian yang berkelanjutan dengan memberikan dukungan peningkatan kapasitas maupun dukungan dalam proses pembangunan Afghanistan termasuk pelibatan peran perempuan Afghanistan," pungkasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif