Perlindungan WNI di tengah pandemi covid-19 sangat penting dilakukan. Foto: Dok.KBRI Kairo
Perlindungan WNI di tengah pandemi covid-19 sangat penting dilakukan. Foto: Dok.KBRI Kairo

Kemenlu Gelar Penghargaan Perlindungan WNI di Tengah Pandemi

Internasional kemenlu
Marcheilla Ariesta • 24 Juli 2020 12:58
Jakarta: Kementerian Luar Negeri kembali menggelar penghargaan perlindungan warga negara Indonesia di tengah pandemi covid-19. Penghargaan bertajuk Hassan Wirajuda Perlindungan Award (HWPA) digelar kembali untuk keenam kalinya.
 
Pelaksanaan HWPA bertujuan untuk memberikan pengakuan atas apa yang sudah dilakukan institusi atau perwakilan RI di luar negeri dalam melindungi WNI.
 
"Juga memberitahukan kepada institusi dan perwakilan kita di luar negeri untuk memberikan perlindungan yang sama kepada para WNI di sana," tutur salah satu dewan juri, Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam jumpa pers virtual, Hikmahanto menambahkan yang dilihat HWPA untuk penilaian adalah tantangan dalam perlindungan WNI di luar negeri, partisipasi aktif seluruh elemen untuk perlindungan WNI, dan bagaimana cara meningkatkan kesadaran publik dalam melindungi WNI.
 
Nantinya, akan ada delapan kategori yang menjadi penilaian, yakni kepala perwakilan, mitra kerja, instansi daerah, jurnalis dan media, staf perwakilan, mitra kerja perwakilan, masyarakat madani, dan pelayanan publik di perwakilan.
 
Penghargaan ini diberikan di tengah pandemi covid-19. Karenanya, HWPA tahun ini dianggap khusus karena dilangsungkan di tengah krisis global tersebut.
 
Pendaftaran HWPA untuk berbagai kategori akan berakhir pada Juli hingga akhir Agustus 2020. Sementara itu, rencananya di pekan ke-4 November, malam puncak penghargaan akan digelar secara virtual dan langsung.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif