Bukan dideportasi, UAS ditolak masuk Singapura. Foto: Dok/Metro TV
Bukan dideportasi, UAS ditolak masuk Singapura. Foto: Dok/Metro TV

Bukan Dideportasi, UAS Ditolak Masuk Singapura

MetroTV • 17 Mei 2022 23:15
Jakarta: Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo menyatakan penceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak dideportasi melainkan ditolak masuk ke Singapura. Dubes Suryopratomo menjelaskan, keputusan itu merupakan hal yang lazim dikeluarkan suatu negara bagi WNA yang dinilai tidak memenuhi kriteria untuk masuk ke negaranya.
 
"Ustaz Abdul Somad diminta untuk kembali ke tanah air ketika pemeriksaan di imigrasi, belum melewati imigrasi. jadi, ketika beliau menyampaikan paspornya dan dinyatakan tidak memenuhi syarat," tutur Suryopratomo dalam tayangan Primetime News di Metro TV, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Suryopratomo mengatakan, alasan UAS ditolak di Singapura karena UAS dianggap tidak eligible masuk ke Singapura. Hal ini  berdasarkan kebijakan keimigrasian yang berlaku di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak eligible nya tidak dijabarkan. Karena imigrasi di negara manapun tidak dijelaskan dasar seseorang ditolak atau diterima masuk suatu negara," katanya.
 
Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura telah mengirimkan nota diplomatik. Kini Dubes RI untuk Singapura tengah menunggu keterangan dari pemerintah Singapura.
 
"Kita sedang menunggu info lebih lanjut. Ini adalah kewenangan yang ada di pemerintahan Singapura dan tidak dapat di intervensi oleh siapapun dan kita tentu menghormati aturan tersebut," katanya. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif