Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad. (AFP)
Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad. (AFP)

Mahathir Mohamad 'Merespons Baik' Perawatan di Rumah Sakit Jantung

Internasional malaysia politik malaysia mahathir mohamad Ismail Sabri Yaakob
Willy Haryono • 23 Januari 2022 11:24
Kuala Lumpur: Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah dibawa ke rumah sakit khusus jantung untuk kali ketiga dalam sebulan terakhir. Namun menurut keterangan putrinya, Mahathir berada dalam kondisi stabil.
 
"Sejak dua hari terakhir, Tun Dr Mahathir Mohamad telah dirawat di Institut Jantung Nasional (IJN) setelah keberhasilan prosedur elektif pada 8 Januari 2022," kata Datin Paduka Marina Mahathir, dikutip dari Asia One, Minggu, 23 Januari 2022.
 
"Kondisi beliau stabil dan merespons baik terhadap perawatan," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang juru bicara dari kantor Mahathir Mohamad mengonfirmasi kepada The Straits Times bahwa pria 96 tahun itu sedang dirawat di sebuah unit khusus perawatan masalah jantung. Namun ia menolak berkomentar mengenai seberapa serius kondisi yang dialami Mahathir saat ini.
 
Baca:  Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Lagi-Lagi Masuk Rumah Sakit
 
PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob telah menjenguk Mahathir pada Sabtu petang sekitar pukul 17.35 waktu setempat. Kunjungan tersebut memperkuat rumor yang beredar di Malaysia bahwa Mahathir berada dalam kondisi kritis.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Mahathir diketahui mengalami masalah jantung. Ia pernah mengalami sejumlah serangan jantung, dan pernah menjalani sebuah operasi bypass.
 
Mahathir adalah salah satu tokoh politik ternama di Malaysia, yang pernah dua kali menjadi perdana menteri. Total masa kepemimpinannya mencapai 24 tahun. Ia adalah pemimpin di Negeri Jiran sejak tahun 1981 hingga 2003, sebelum akhirnya kembali berkuasa pada 2018 di usia 92 tahun. Kala itu, ia memimpin sebuah koalisi reformis.
 
Mahathir masih tetap aktif di dunia perpolitikan sepanjang 2021, memimpin partai Parti Pejuang Tanah Air, dan menjabat sebagai anggota parlemen untuk konstituen Langkawi di Kedah.
 
Sebelum masuk rumah sakit bulan lalu, terakhir kalinya Mahathir masuk ke IJN adalah pada 2018 atas keluhan infeksi di bagian dada.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif