Alat pendeteksi suhu tubuh terpasang di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: AFP)
Alat pendeteksi suhu tubuh terpasang di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: AFP)

Malaysia Identifikasi 40 Ribu Orang Terkait Infeksi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 04 April 2020 12:15
Kuala Lumpur: Kepolisian Malaysia mengatakan bahwa 40 ribu orang terlibat dalam rantai infeksi virus korona (covid-19). Sebagian dari total 40 ribu orang tersebut termasuk mereka yang mengikuti acara tabligh akbar di Malaysia.
 
Inspektur Jenderal Polisi Abdul Hamid Bador mengatakan bahwa angka tersebut telah dianalisis sebuah gugus tugas dari Departemen Investigasi Kriminal (CID) di bahwa pimpinan Huzir Mohamed. Salah satu misi utama gugus tugas tersebut adalah mengidentifikasi siapa-siapa saja yang mungkin sudah terjangkit covid-19 di Malaysia.
 
Dengan mengolah data dari Kementerian Kesehatan Malaysia, polisi juga telah mengidentifikasi warga di sejumlah wilayah yang harus menjalani tes covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menganalisis data dengan membantu kementerian mengidentifikasi sekitar 11 ribu peserta tabligh yang datang ke Masjid Sri Petaling belum lama ini," ucap Abdul Hamid, dikutip dari The Straits Times, Sabtu 4 April 2020.
 
"Dari data ini, tim menggunakan metode spesifik untuk mengidentifikasi jaringan kontak dekat, riwayat perjalanan, dan juga individu-individu yang mungkin terlibat," lanjutnya.
 
Abdul Hamid menambahkan, timnya juga berusaha mendapatkan informasi lengkap mengenai 40 ribu orang tersebut, termasuk alamat rumah, nomor telepon, dan nomor kartu identitas penduduk.
 
Ia mengatakan banyak dari peserta tabligh di Masjid Sri Petaling yang telah menjalani pemeriksaan covid-19. Abdul Hamid meminta masyarakat Malaysia untuk tidak mengkritik atau mendiskriminasi mereka yang menghadiri acara tabligh akbar tersebut.
 
Selain itu, Abdul Hamid juga berusaha mendapatkan informasi mengenai peserta tabligh akbar yang berada di luar Malaysia. Nantinya data tersebut akan diberikan kepada kantor keimigrasian di negara masing-masing peserta.
 
Sebelum Abdul Hamid mengeluarkan pernyataan, pihak penyelenggara mengklaim bahwa 95 persen dari 11 ribu peserta tabligh akbar di Sri Petaling telah menjalani tes covid-19.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di Malaysia mencapai 3.333 dengan 53 kematian dan 827 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif