Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi ucapkan Selamat Idulfitri bagi umat Muslim Indonesia dan dunia. Foto: Medcom.id.
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi ucapkan Selamat Idulfitri bagi umat Muslim Indonesia dan dunia. Foto: Medcom.id.

Menlu Retno Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan di Hari Lebaran

Internasional covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan Idulfitri 2021
Marcheilla Ariesta • 13 Mei 2021 08:24
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucapkan selamat Idulfitri bagi umat Muslim yang menjalankannya. Dalam ucapannya, ia tak lupa mengingatkan protokol kesehatan untuk melawan pandemi virus korona (covid-19).
 
"Marilah kita isi hari kemenangan, hari fitri ini dengan tekad untuk menjadi bagian dari solusi. Menjadi bagian ikhtiar bangsa agar kita dapat segera keluar dari pandemi ini," kata Retno dalam video yang diterima Medcom.id, Kamis, 13 Mei 2021.
 
"Caranya, dengan terus menaati protokol kesehatan, terus memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak," sambung dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Idulfitri tahun ini merupakan yang kedua kalinya berada di bawah pandemi covid-19. Lebih dari 160 juta kasus infeksi covid-19 dilaporkan di seluruh dunia. Sementara 3.326.305 orang meninggal dunia akibat virus tersebut.
 
Meskipun vaksin sudah mulai disebarkan, namun tak menutup kemungkinan akan terinfeksi ulang jika tidak mematuhi protokol kesehatan.
 
Di Indonesia saja, 1.728.204 kasus sudah dilaporkan. Sebanyak 47.617 orang di Tanah Air meninggal dunia akibat covid-19.
 
Baca juga: Salat Id di Masjid Raya Hasyim Asy’ari Jakbar Berjalan dengan Prokes Ketat
 
Sehari sebelum Idulfitri, Indonesia berbagi bantuan untuk India, salah satu negara dengan kasus infeksi terbanyak di dunia. Bantuan berupa 200 unit konsentrator oksigen diberikan karena New Delhi tengah dalam krisis oksigen.
 
Ratusan ribu orang terinfeksi covid-19 di sana setiap harinya. Sementara itu, ribuan nyawa melayang karena virus tersebut.
 
Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan tepat waktu yang diberikan kepada India dalam memerangi pandemi ini," katanya.
 
"Saya yakin bahwa bersama-sama, pandemi ini dapat segera diatasi," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif