Menlu Retno Marsudi dan Menlu Tiongkok Wang Yi sepakat jamin bahan baku vaksin covid-19. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Tiongkok Wang Yi sepakat jamin bahan baku vaksin covid-19. Foto: Dok.Kemenlu RI

Vaksin Covid-19

Indonesia-Tiongkok Jamin Pasokan Bahan Baku Pengembangan Vaksin

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 30 Juli 2020 14:48
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral secara virtual dengan Menlu Tiongkok Wang Yi. Dalam pertemuan tersebut keduanya membahas kolaborasi internasional dalam penanganan virus korona (covid-19).
 
Baca: Bio Farma Andalkan Vaksin dari Sinovac.
 
"Kami sepakat untuk terus meningkatkan kolaborasi internasional, guna penanganan covid-19, terutama dalam menjamin rantai pasokan bahan baku bagi produksi obat dan pengembangan vaksin," tutur Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis, 30 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno mengatakan, untuk kerja sama vaksin antara Biofarma dan Sinovac, kedua negara berkomitmen untuk terus memberi dukungan berkelanjutan. Sementara itu, dalam pertemuan, Retno menekankan mengenai ketersediaan Bulk Vaccine (vaksin akhir) dengan jumlah yang mencukupi.
 
"Agar segera dapat diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan isu kedua adalah masalah harga yang terjangkau," imbuh Retno.
 
Saat ini Biofarma-Sinovac sekarang tengah melakukan uji klinis tahap ketiga. Retno mengatakan sembari menunggu uji klinis ini selesai, maka persiapan tahap selanjutnya yang menyangkut produksi sudah harus dipersiapkan.
 
"Dari sisi kemampuan, Biofarma sedang dalam proses upgrading kapasitas produksinya dari 100 ke 250 juta," ungkap Retno.
 
Dia berjanji Kementerian Luar Negeri akan terus mengawal kerja sama vaksin tersebut, termasuk dengan beberapa negara dan perusahaan lainnya.
 

(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif