Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: AFP)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: AFP)

Duterte Taruh Harapan Besar pada Vaksin Covid-19 Rusia

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Marcheilla Ariesta • 11 Agustus 2020 14:02
Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte memuji upaya Rusia yang mengembangkan sendiri vaksin virus korona (covid-19). Ia mengaku menaruh harapan besar pada vaksin tersebut, yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute di Moskow.
 
Jika vaksin itu terbukti efektif, maka produksinya dapat dilakukan di Filipina.
 
"Saya akan memberitahu Presiden Vladimir Putin bahwa saya memiliki kepercayaan besar pada studi Anda dalam memerangi covid-19," tuturnya dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 11 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya percaya vaksin yang Anda hasilkan sangat baik untuk kemanusiaan," imbuhnya.
 
Filipina memiliki infeksi virus covid-19 tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebanyak 136.638 pada Senin kemarin. Dalam sehari, kasus baru yang terkonfirmasi sebanyak 6.958 kasus.
 
Perlombaan global untuk mengembangkan vaksin covid-19 menimbulkan kekhawatiran bahwa kecepatan pengembangan vaksin dapat membahayakan keselamatan.
 
Untuk menghilangkan ketakutan publik, Duterte menawarkan diri menjadi 'kelinci percobaan', ketika vaksin itu tiba. "Saya bisa menjadi orang pertama yang mencobanya," tutur Duterte.
 
Bulan lalu, Duterte mengajukan permohonan kepada mitranya dari Tiongkok untuk menjadikan Filipina sebagai prioritas jika mengembangkan vaksin. Langkah ini dilakukan di tengah kekhawatiran negara berkembang mengenai ketersediaan vaksin.
 
BacaDuterte Siap Jadi Relawan Pertama Vaksin Covid-19
 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif