Pemandangan salah satu sudut kota Kuala Lumpur, Malaysia. (AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Kuala Lumpur, Malaysia. (AFP)

Popular Internasional: Omicron di Malaysia Hingga Seruan WHO untuk Asia Pasifik

Internasional malaysia korea utara Tiongkok WHO Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Internasional Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 04 Desember 2021 11:17
Kuala Lumpur: Malaysia telah mencatat kemunculan perdana kasus varian Covid-19 Omicron. Kabar ini menjadi berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Sabtu, 4 Desember 2021.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah mengenai sebuah restoran Korea Utara di Tiongkok yang melarang pelayannya memakai masker dan seputar seruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kepada Asia Pasifik.

Berikut selengkapnya:

  • Malaysia Umumkan Kasus Perdana Covid-19 Varian Omicron
Malaysia mengumumkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron. Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan, kasus pertama ini ditemukan pada seorang warga negara asing berusia 19 tahun yang tiba dari Afrika Selatan melalui Singapura pada 19 November lalu.
 
Khairy menuturkan, kasus ini berada di bawah Perintah Pengawasan dan Pengamatan, berdasarkan UU Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (UU 342) Pasal 15. Kasus pertama ini menjalani karantina wajib yang diakomodasi oleh universitas di Ipoh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siapa sebenarnya individu pertama yang dinyatakan positif Omicron di Malaysia? Cek selengkapnya di sini.
  • Pelayan Restoran Korea Utara di Tiongkok Dipaksa Bekerja Tanpa Masker
Sebuah restoran Korea Utara (Korut) di Tiongkok disebut memaksa pelayan perempuan untuk bekerja tanpa masker. Larangan ini diterapkan bahkan di saat varian Omicron tengah menyebar ke seluruh dunia.
 
Restoran tersebut digunakan oleh pemerintah Korut sebagai salah satu sumber pemasukan mata uang asing. Daya tarik utama disebut seringkali bukan makanannya, namun para perempuan muda dari Korut yang menyajikannya, dan disertai tarian serta alunan alat musik.
 
Siapa sebenarnya perempuan-perempuan muda yang bekerja di restoran tersebut? Cek selengkapnya di sini.
  • WHO: Asia-Pasifik Perlu Tingkatkan Kapasitas Kesehatan dan Vaksinasi Lawan Omicron
WHO memperingatkan negara-negara di kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan kapasitas kesehatan. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk melakukan vaksinasi guna mencegah melonjaknya kasus Covid-19 yang dipicu varian Omicron.
 
Pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan bulan lalu, WHO menjuluki varian terbaru ini sebagai 'variant of concern'. Para ilmuwan hingga kini masih mengumpulkan data untuk menentukan seberapa menular Omicron, dan tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.
 
Beberapa negara di Asia Pasifik, seperti Australia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan India telah mengumumkan adanya varian jenis baru ini. Banyak pemerintah yang menanggapinya dengan memperketat aturan perjalanan.
 
Apa saja seruan yang disampaikan WHO? Cek selengkapnya di sini.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif