Kondisi di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. (AFP)
Kondisi di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. (AFP)

Malaysia Bersedia Sambut Pelancong Singapura dengan Syarat

Internasional malaysia Singapura covid-19 pandemi covid-19 Vaksinasi covid-19
Willy Haryono • 23 Oktober 2021 17:05
Kuala Lumpur: Malaysia berencana menyambut turis internasional dari berbagai negara, termasuk Singapura, "dalam waktu dekat," ucap Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Nancy Shukri.
 
Ia dijadwalkan bertemu jajaran pejabat Singapura pekan depan untuk mendiskusikan kelanjutan perjalanan lintas perbatasan antar kedua negara. Nancy memprediksi hal tersebut dapat terwujud bulan depan.
 
Pemerintah Malaysia berencana membuka pintu masuk bagi wisatawan asing pada November mendatang, dan pelancong dari Singapura bisa termasuk dalam gelombang pertama

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami terbuka untuk Singapura, asalkan Singapura juga terbuka kepada kami," kata Nancy, dilansir dari The Straits Times, Sabtu, 23 Oktober 2021.
 
Saat ditanya kapan perjanjian perjalanan dengan Singapura dapat terwujud, ia mengaku "sangat optimis hal tersebut dapat terwujud di bulan November."
 
Sebelum pandemi, perjalanan lintas batas antara Malaysia dan Singapura terjadi dalam volume tinggi pada setiap harinya. Perjalanan ini biasanya meliputi urusan pekerjaan dan keluarga.
 
Namun karena kemunculan pandemi, kedua negara saling menutup perbatasan pada Maret 2020.
 
Lebih dari 100 ribu warga Malaysia diperkirakan terjebak di Singapura sejak perbatasan negara ditutup. Mereka berharap perbatasan dapat segera dibuka agar bisa kembali bertemu keluarga.
 
Pada 11 Oktober, Malaysia mencabut larangan perjalanan antar negara bagian sebagai bagian dari transisi dari era pandemi menuju endemi Covid-19. Malaysia juga mulai membuka berbagai jenis kegiatan ekonomi di tengah tingginya laju vaksinasi.
 
Baca:  Malaysia akan Batasi Gerak Warganya yang Menolak Divaksinasi
 
Saat ini Malaysia sedang menjalankan proses vaksinasi Covid-19 untuk kalangan remaja, dan juga suntikan dosis ketiga atau booster di kelompok rentan.
 
Hari Sabtu ini, Malaysia mencatat 5.828 kasus harian Covid-19. Ini merupakan hari ke-21 infeksi harian Covid-19 di Malaysia berada di bawah 10 ribu.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif