Ilustrasi insiden kapal. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi insiden kapal. (Foto: Medcom.id)

Dua Kapal Bertabrakan di Filipina, 12 Nelayan Hilang

Internasional filipina
Willy Haryono • 29 Juni 2020 08:19
Manila: Sedikitnya 12 nelayan hilang dalam insiden tabrakan antara kapal nelayan dan kargo di lepas pantai provinsi Occidental Mindoro, Filipina, pada Minggu 28 Juni. Kencangnya tabrakan membuat kapal nelayan tenggelam.
 
Menurut laporan media lokal, Penjaga Pantai Filipina melihat lambung kapal nelayan yang tenggelam sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat. Saat itu, petugas tidak melihat ada satu orang pun di lokasi kejadian.
 
"Saat (tim) kami tiba di lokasi, mereka masih melihat kapal nelayan yang tenggelam, tapi tidak ada siapapun," kata Komodor Leovegildo Panopio dari Penjaga Pantai distrik Tagalog Selatan, dilansir dari laman CGTN, Senin 29 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arus laut mengganggu jalannya pencarian korban pada Minggu malam. Panopia mengatakan, pencarian baru dapat dilanjutkan kembali pada Senin pagi.
 
Media Inquirer melaporkan, kapal kargo yang terlibat dalam insiden tersebut kemungkinan berasal dari Tiongkok. Ini dikarenakan terdapat sebuah bendera Negeri Tirai Bambu di kapal tersebut.
 
Sementara media lokal lainnya, Rappler, melaporkan bahwa selain 12 nelayan, terdapat juga dua karyawan perusahaan Irma yang turut hilang dalam tabrakan tersebut. Insiden terjadi sekitar 24 kilometer dari kota Paluan.
 
Hingga saat ini, otoritas Filipina belum dapat menentukan penyebab pasti terjadinya kecelakaan. Otoritas Tiongkok juga belum berkomentar mengenai insiden tersebut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif