Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung. Foto: ASEAN Media Forum
Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung. Foto: ASEAN Media Forum

ASEAN Harapkan AS Tunjuk Kembali Dubes Usai Biden Dilantik

Internasional amerika serikat asean ASEAN-AS
Fajar Nugraha • 24 November 2020 17:05
Jakarta: Sejak di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, Amerika Serikat (AS) tidak pernah menunjukkan perwakilan tetap untuk ASEAN. Kini dengan kekuasaan Trump akan berakhir, diharapkan hal itu akan berubah.
 
Pada ASEAN Media Forum 2020 Selasa 24 November 2020, Vietnam yang saat ini memegang keketuaan ASEAN berharap bahwa di bawah pemerintahan Joe Biden nanti, akan ada Duta Besar AS untuk ASEAN yang ditunjukkan. Joe Biden sendiri akan dilantik pada 20 Januari 2021.
 
Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung mengatakan, pihaknya memiliki harapan besar AS bisa menunjuk kembali dubesnya untuk ASEAN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami sangat yakin tentang hal itu. Saya kira saat ini hubungan antara kedua belah pihak dalam menguntukan tidak hanya untuk ASEAN tetapi juga AS,” ujar Wamenlu Dzung.
 
“Saya harapkan AS akan menghargai hubungan yang sudah terjalin saat ini. Mengapa hingga saat ini AS tidak menunjuk perwakilan tetapnya untuk ASEAN, saya kira itu masalah internal mereka,” menurut Dzung.
 
Lebih lanjut Dzung menambahkan, mungkin dalam internal AS punya perbedaan namun dirinya tidak tahu. Tetapi baginya hubungan ASEAN dan AS tidak akan pernah turun kelas, meskipun belum ada Dubes AS untuk ASEAN yang baru.
 
Wamenlu Dzung justru melihat apa yang dilakukan AS saat ini masih positif. AS menurutnya masih melihat ASEAN dalam agenda teratas dan menjadi salah satu prioritas kebijakan AS di kawasan.
 
“Saya tetap berharap setelah pemerintah baru AS terbentuk dan berjalan, maka akan ada perwakilan AS duduk di Jakarta (kantor Sekretariat ASEAN),” tegas Wamenlu Dzung.
 
Tercatat tiga kali menunjuk Duta Besar AS untuk ASEAN dengan pertama kali pada 2008 dimana Scot Marciel menjabat. Kemudian pada 2011 hingga 2013 David L Carden memimpin misi AS di ASEAN dan terakhir dipegang oleh Nina Hachigian.
 
Ketika Trump resmi dilantik sebagai Presiden AS pada 2017 jabatan Duta Besar AS untuk ASEAN ditiadakan. Operasi misi AS untuk ASEAN hanya dipegang diplomat yang menjabat Kuasa Usaha.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif