Shafie Apdal (tengah), salah satu politikus Malaysia, mengikuti pemilu lokal di Sabah. (AFP)
Shafie Apdal (tengah), salah satu politikus Malaysia, mengikuti pemilu lokal di Sabah. (AFP)

Malaysia Catat Lonjakan Kasus Covid-19 usai Pemilu Sabah

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 28 September 2020 09:00
Kuala Lumpur: Otoritas kesehatan Malaysia mencatat lonjakan jumlah kasus virus korona (covid-19) sejak 11 September. Sebagian besar lonjakan berasal dari Sabah, satu hari usai negara bagian tersebut menggelar pemilihan umum lokal.
 
Kementerian Kesehatan Malaysia mencatat tambahan 150 infeksi baru covid-19 pada Minggu 27 September. Dari total tersebut, 124 di antaranya berasal dari Sabah.
 
Kemenkes Malaysia juga mencatat adanya tambahan satu kematian pasien covid-19, yang juga berasal dari Sabah. Lewat tambahan tersebut, total kematian akibat covid-19 di Malaysia mencapai 134.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman The Straits Times, Senin 28 September 2020, lonjakan kasus terjadi satu hari usai berakhirya pemilu lokal Sabah. Koalisi berkuasa berjaya dalam pemilu Sabah, di tengah upaya oposisi menentang kepemimpinan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.
 
Pemilu lokal Sabah tetap digelar meski beberapa politisi Malaysia dinyatakan positif terinfeksi covid-19. Saat ini, Sabah menjadi episentrum baru penyebaran covid-19 di Malaysia.
 
Menurut keterangan Kemenkes Malaysia, saat ini terdapat dua klaster baru covid-19, yakni satu di Sabah dan satunya lagi di Kuala Lumpur.
 
Sedikitnya 15 orang dari total individu yang terinfeksi covid-19 di Malaysia belum lama ini, diketahui baru pulang dari Sabah.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif