Menlu AS Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia. Foto: AFP
Menlu AS Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia. Foto: AFP

Menlu AS ke Indonesia Demi Menghalau Pengaruh Tiongkok

Internasional indonesia-as tiongkok Mike Pompeo
Fajar Nugraha • 23 Oktober 2020 11:03
Jakarta: Setelah Menteri Pertahanan Prabowo mengunjungi AS, dalam rencana Menlu AS Mike Pompeo akan datang ke Indonesia. Kedatangan Pompeo dijadwalkan pada minggu depan.
 
Menjadi pertanyaan di masa pandemi covid-19 ini dan mendekatnya pelaksanaan Pemilihan Presiden di AS, mengapa para pejabat AS intens berhubungan dengan para mitranya di Indonesia.
 
Baca: Menlu AS Akan Berkunjung ke Indonesia, Apa yang Dicari?.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemungkinan besar ini terkait dengan kekhawatiran AS terhadap Indonesia yang dianggap terlalu dekat dengan Tiongkok,” ujar Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Jumat 23 Oktober 2020.
 
“Belakangan ini Tiongkok sangat agresif di Laut China Selatan. Bahkan dengan kekuatan ekonominya dan penemuan vaksin telah mengembangkan pengaruh di negara-negara kawasan,” imbuh Hikmahanto.
 
Lebih lanjut Hikmahanto menambahkan, agresivitas ekonomi Negeri Tirai Bambu bahkan menurut buku putih Kementerian Pertahanan AS yang memungkinkan China meminta sejumlah negara untuk membangun pangkalan militer, termasuk Indonesia.
 
“AS tentunya berrharap Indonesia berada dibelakang mereka. Permintaan AS untuk mendaratkan pesawat tempur mata- mata dapat diartikan demikian,” jelasnya.
 
“Disinilah pentingnya pengambil kebijakan di Indonesia untuk menjaga politik luar negeri bebas aktif baik terhadap Tiongkok, AS, maupun negara manapun,” tegas Hikmahanto.

Penolakan pesawat mata-mata

Isu Indo-Pasifik mungkin menjadi salah satu yang akan dibahas oleh Pompeo. Tetapi tidak bisa diabaikan pula bahwa AS saat ini tengah terlibat ketegangan dengan Tiongkok.
 
Namun dalam sebuah laporan yang dikutip dariChannel News Asia, Indonesia telah menolak pengajuan dari AS agar pesawat mata-mata P-8 Poseidon bisa mendarat dan mengisi bahkan bakar di wilayah Indonesia. Pendekatan sempat dilakukan kepada Menhan dan Menlu Indonesia sebelum akhirnya ditolak oleh Presiden Joko Widodo.
 
Halaman Selanjutnya
  Greg Poling, seorang analis…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif