Menlu Retno Marsudi dan Menlu AS Mike Pompeo dalam pertemuan di Jakarta Kamis 29 Oktober 2020. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi dan Menlu AS Mike Pompeo dalam pertemuan di Jakarta Kamis 29 Oktober 2020. Foto: Dok.Kemenlu RI

Kepada Menlu AS, Retno Tegaskan Dukungan Indonesia ke Palestina

Internasional palestina afghanistan indonesia-as menlu retno lp marsudi Mike Pompeo
Fajar Nugraha • 29 Oktober 2020 10:59
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tegaskan bahwa solusi Palestina harus mengutamakan ‘two state solution’ atau ‘solusi dua negara’. Hal ini disampaikannya kepada Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dalam pertemuan di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020.
 
Bukan hanya Palestina, kedua menlu juga membahas mengenai perdamaian di Afghanistan terutama dukungan Indonesia dalam negosiasi antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.
 
“Saya sebutkan bahwa masalah (Palestina) ini dekat dengan hati masyarakat Indonesia,” ujar Menlu Retno Marsudi, dalam keterangan bersama Menlu Pompeo, melalui siaran virtual, di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya tegaskan posisi Indonesia dari masalah tersebut termasuk prinsip ‘solusi dua negara’,” tegas Menlu Retno.
 
Amerika Serikat sebelumnya memberikan solusi perdamaian dengan investasi. Gedung Putih menawarkan mengucurkan lebih dari USD50 miliar ke Palestina diganti perdamaian dengan Israel. Proposal itu tentunya ditolak oleh Palestina.
 
Baca: Palestina Tolak Perdamaian Dibayar Rencana Investasi AS.
 
Mengenai Afghanistan, Menlu menyampaikan bahwa Indonesia mengapresiasi kepemimpinan AS untuk mewujudkan perdamaian di Afghanistan.
 
“Indonesia siap untuk berkontribusi lebih (pada perdamaian Afghanistan) khususnya pada isu-isu yang terkait dengan pemberdayaan perempuan,” imbuh Menlu Retno.
 
Menlu Pompeo pun menghargai keterlibatan Indonesia dalam proses perdamaian di Afghanistan yang dimediasi oleh AS. Indonesia menurutnya memiliki banyak yang bisa ditawarkan dalam proses ini.
 
“Sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan dalam upaya menuju perdamaian di Afghanistan. Tentunya juga bisa memastikan seluruh rakyat Afghanistan, pria dan wanita punya hak meraih perdamaian,” tegas Pompeo.
 
Kedua Menlu juga sepakat untuk memperkuat kerja sama di UN Peace Keeping Operations termasuk pemberdayaan perempuan penjaga perdamaian. Sebagai cerminan komitmen, Menlu Retno memberikan satu contoh bahwa Indonesia siap mempertahankan kapal angkatan lautnya di Lebanon selama 6 bulan lagi.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif