Kotak pemungutan suara Pemilu Singapura dipersiapkan. Foto: Mediacorp.
Kotak pemungutan suara Pemilu Singapura dipersiapkan. Foto: Mediacorp.

Hari Ini Singapura Voting Pemilu dengan Protokol Kesehatan Ketat

Internasional pemilu singapura
Fajar Nugraha • 10 Juli 2020 06:58
Singapura: Singapura siap untuk melakukan voting pemilihan umum dengan disertai protokol kesehatan ketat di tengan pandemi virus korona covid-19. Sehari sebelum hari pemungutan suara Jumat 10 Juli, 1.100 tempat di seluruh negeri telah dipersiapkan.
 
Dengan lebih dari 2,65 juta orang Singapura diperkirakan akan pergi ke tempat pemungutan suara (TPS), di tengah upaya memerangi pandemi virus korona. Pengaturan tempat pemungutan suara tahun ini sangat berbeda.
 
Di tempat pemungutan suara 535 Bukit Panjang Ring Road pada Kamis, para pejabat pemilu terlihat memasang stiker yang menjaga jarak, menyiapkan botol-botol sanitiser tangan dan berlatih prosedur suhu untuk mengantisipasi 1.670 pemilih yang diperkirakan akan melewati stasiun mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka juga mensimulasikan antrian pemilih serta proses registrasi dan sanitasi tangan. “Ada perbedaan besar antara pemilihan ini dan yang sebelumnya pada tahun 2015, karena pandemi covid-19,” ujar petugas ketua pemungutan suara 535 Bukit Panjang, Ramli Abdul Razak, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat, 10 Juli 2020.
 
“(Meskipun) pelatihan dimulai dua tahun yang lalu, itu ditingkatkan setelah surat perintah dikeluarkan. (Pejabat pemilu) harus membiasakan diri dengan langkah-langkah pencegahan baru yang diberlakukan, seperti pemakaian sarung tangan dan masker untuk menjaga keamanan pemilu,” katanya.
 
Ramli dan pejabat pemilu lainnya juga harus mengikuti kursus e-learning untuk mempersiapkan langkah-langkah keamanan baru yang akan berlaku pada Jumat.
 
Pria berusia 60 tahun itu, yang merupakan asisten penghitung selama pemilihan umum sebelumnya, menambahkan bahwa ia bangga bisa melakukan bagiannya dalam "membantu orang merasa aman" ketika mereka datang untuk memilih.
 
Petugas pemilihan akan bertugas dari tempat pemungutan suara waktu buka pukul 8.00 pagi sampai waktu pemungutan suara tutup pukul 8.00 malam waktu Singapura. Mereka akan dilengkapi dengan alat pelindung seperti masker bedah, sarung tangan sekali pakai, pelindung wajah dan sanitiser tangan seukuran saku.

Proses pemilihan


Ketika pemilih tiba di salah satu dari 1.100 TPS, mereka akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan suhu.
 
Mereka yang demam 37,5 derajat Celsius dan di atasnya akan diminta untuk memberikan suara selama jam pemungutan suara khusus dari jam 19:00 hingga 20:00. Mereka yang ada di rumah juga harus memberikan suara pada saat ini.
 
Penggunaan sistem e-Registrasi untuk memverifikasi pemilih terhadap daftar pemilih di tempat pemungutan suara menghilangkan kebutuhan bagi pejabat pemilu untuk melakukan kontak fisik dengan mereka.
 
Pemilih harus menggunakan masker wajah setiap saat dan harus menurunkannya hanya ketika petugas pemilu perlu memverifikasi identitas mereka.
 
Untuk meminimalkan risiko mencemari pena tinta-otomatis yang akan digunakan oleh pemilih lain, atau kertas suara yang akan menangani asisten penghitungan. Selain itu pemilih harus membersihkan tangan mereka dan memakai sarung tangan sekali pakai sebelum menerima kartu suara mereka dan memasukkan tempat pemungutan suara.
 
Setelah mengantar kertas suara mereka ke kotak pemungutan suara, pemilih dapat membuang sarung tangan mereka di tempat sampah khusus di luar tempat pemungutan suara.
 
Pembersih khusus juga akan dikerahkan di semua TPS untuk memastikan tingkat kebersihan dan frekuensi pembersihan yang tinggi selama jam pemungutan suara.
 
Mereka akan membersihkan titik sentuh yang umum seperti tempat pemungutan suara dan pena tinta otomatis dalam area pemungutan suara setidaknya sekali setiap setengah jam. Setelah jajak pendapat ditutup, petugas kebersihan akan mendisinfeksi TPS secara menyeluruh.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif