NEWSTICKER
Aktivitas di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (Foto: AFP)
Aktivitas di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (Foto: AFP)

WNI yang Dipulangkan dari Iran Tiba di Malaysia

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 22 Maret 2020 15:54
Kuala Lumpur: Sebanyak 55 orang yang direpatriasi Malaysia dari Iran telah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA 2) hari ini, Minggu 22 Maret 2020, pukul 06.33 pagi waktu setempat. Mereka terdiri dari 46 warga Malaysia, delapan Singapura dan satu warga negara Indonesia (WNI).
 
Repatriasi dilakukan Malaysia di tengah pandemi virus corona (covid-19) yang melanda ratusan negara, termasuk India.
 
"Mereka semua akan menjalani karantina selama 14 hari di Institut Latihan Awam yang telah ditetapkan," ujar pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri Malaysia yang diterima Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah pesawat yang membawa warga Malaysia dari Iran telah mendarat di KLIA. Mereka semua akan menjalani pemeriksaan dan tes covid-19 sebelum dibawa ke pusat karantina," ucap Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah via Twitter.
 
Tidak hanya dari Iran, Malaysia juga merepatriasi warga mereka dari India. Sebanyak 372 warga Malaysia dari Chennai dan Tiruchirappali, India, telah tiba di Kuala Lumpur di hari yang sama. Mereka dipulangkan dengan dua pesawat maskapai Air Asia yang sepenuhnya dibiayai Malaysian Indian Congress (MIC).
 
Dua pesawat dari India itu tiba dalam waktu berbeda, yakni pukul 04.10 dan 06.48. "Semua warga Malaysia yang dipulangkan sedang menjalani karantina sukarela selama 14 hari seperti yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan Malaysia," ucap Kemenlu Malaysia.
 
Terdapat empat pesawat Air Asia dan dua dari Malaysia Airlines yang masih menanti konfirmasi pendaratan dari otoritas India. Enam pesawat tersebut akan merepatriasi warga Malaysia di India, yang jumlahnya hingga saat ini mencapai 1.323.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di Malaysia mencapai 1.183 dengan 8 kematian dan 114 pasien sembuh. Sementara di Indonesia jumlah kasus covid-19 mencapai 514 dengan 48 korban meninggal dan 29 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif