Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP)
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP)

Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Filipina Selatan

Internasional Gempa Bumi filipina
Willy Haryono • 02 Agustus 2020 09:51
Manila: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang provinsi Maguindanao, Filipina selatan, Minggu 2 Agustus 2020. Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina (Phivolcs) mencatat, gempa mengguncang sekitar pukul 01.08 dini hari waktu setempat di kedalaman 543 kilometer, yang berlokasi sekitar 13 km dari Cotabato City.
 
Dikutip dari Xinhua, Phivolcs mengatakan gempa juga terasa hingga ke kota Alabel, Kiamba dan Malungon di provinsi Sarangani, Tupi di South Cotabato, General Santos City, dan Koronadal City.
 
Phivolcs menyebut guncangan kali ini merupakan tipe tektonik yang dapat memicu gempa susulan. Namun, Phivolcs mengatakan gempa ini tidak akan menimbulkan kerusakan apapun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Filipina adalah negara yang sering diguncang aktivitas seismik karena berlokasi di sepanjang Cincin Api atau "Ring of Fire."
 
Awal Maret lalu, gempa berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Filipina bagian pusat. Phivolcs menyebut kedalaman gempa mencapai 13 kilometer dan berlokasi sekitar 8 km dari Capoocan, sebuah kota di provinsi Leyte.
 
Direktur Phivolcs Renato Solidum mengatakan, kuatnya guncangan dirasakan di seantero wilayah Visayas, termasuk kota Tacloban dan Ormoc. Getaran juga terasa di kota Pastrana dan Palo di Leyte, dan kota Borongan serta Biliran di provinsi Samar.
 
Tiga bulan berselang, gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Provinsi Davao Oriental di Filipina selatan.
 
Desember lalu, gempa magnitudo 6,9 di mengguncang Mindanao menewaskan sedikitnya empat orang.
 
Dua bulan sebelumnya, gempa di Mindanao menewaskan sekitar 20 orang. Mindanao merupakan kampung halaman dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif