Sekretaris Jenderal Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Dato Lim Jock Hoi. Foto: AFP
Sekretaris Jenderal Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Dato Lim Jock Hoi. Foto: AFP

Sekjen ASEAN Anggap Penting Peran Media Selama Pandemi Covid-19

Internasional Virus Korona asean covid-19
Fajar Nugraha • 24 November 2020 14:14
Hanoi: Sekretaris Jenderal Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Dato Lim Jock Hoi menilai peran media dalam memberi informasi yang tepat selama pandemi covid-19.
 
Berbicara pada ASEAN Media Forum ke-4 secara virtual, Sekjen Lim Jock Hoi mengatakan, pandemi telah membuahkan tantangan bagi ASEAN kususnya menyebabkan krisis finansial. Hingga saat ini, menurut Lim, covid-19 telah menyebabkan kerusakan dan kehancuran aktivitas ekonomi di kawasan.
 
'Kondisi saat ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah wisatawan dan melemahnya konsumsi masyarakat dan sektor usaha,” ujar Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi, Selasa 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hal itu merupakan imbas dari beberapa negara yang menerapkan lockdown atau pembatasan jarak. Akibatnya banyak warga yang bertahan di rumah,” tegasnya.
 
Namun menurut Lim, kondisi sekarang membuahkan kerja sama yang lebih erat antar negara anggota. Dirinya juga melihat betapa pentingnya peran media di tengah pandemi.
 
“Media berkontribusi untuk membentuk opini publik terutama membangun kepercayaan dan sikap dalam upaya meningkatkan taraf hidup orang banyak di kawasan,” sebut Lim.
 
“Pandemi telah memperlihatkan peran penting dari para jurnalis dan editor dalam menerapkan jurnalisme yang bertanggungjawab dengan melawan misinformasi yang menimbulkan kekacauan dan panik di masyarakat,” tutur diplomat asal Brunei Darussalam itu.
 
Di mata Dato Lim peran media sangat penting untuk memberikan informasi, pembelajaran dan pemberdayaan rakyat ASEAN.
 
Sementara Duta Besar Jerman Guido Hildner di mana negaranya menjadi sponsor melalui lembaga GIZ menyoroti penandatanganan The Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) pada KTT ASEAN minggu lalu menjadi berkah.
 
Menurut Dubes Hildner, penandatanganan kesepakatan dagang terbesar di dunia pada saat pandemi membuktikan bahwa multilateralisme masih memiliki taji.
 
“Bagi Jerman, penerapan Indo-Pasifik menjadi kunci membentuk keteraturan internasional pada abad-21,” ucap Dubes Hildner.
 
Kawasan ASEAN menurutnya dianggap sebagai yang terpenting saat ini, baik secara ekonomi dan politik.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif