Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Foto: Dok.Kemenlu RI
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Foto: Dok.Kemenlu RI

Kemenlu Siap Fasilitasi Pemulangan Djoko Tjandra dari Malaysia

Internasional kasus korupsi kemenlu Djoko Tjandra
Marcheilla Ariesta • 23 Juli 2020 13:44
Jakarta: Kementerian Luar Negeri siap untuk memfasilitasi penegak hukum untuk masalah pemulangan Djoko Tjandra, buronan kasus pengalihan hak tagih Bank Bali dari Malaysia. Meski demikian, Kemenlu belum bisa memastikan keberadaan Djoko Tjandra di Malaysia.
 
Baca: Posisi Djoko Tjandra Terendus.
 
"Info soal keberadaan Saudara Djoko Tjandra sama-sama kita dapat dari penasihat hukum yang bersangkutan, yang menyebutkan bahwa sekarang beliau berada di Malaysia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dalam jumpa pers virtual, Kamis, 23 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, kata Faizasyah, Kemenlu siap memfasilitasi pemulangannya.
 
"Dalam hal ini, Kemenlu siap memfasilitasi penegak hukum RI dalam proses pengembalian Djoko Tjandra ke Indonesia melalui kerja sama hukum yang tersedia," tuturnya.
 
Faizasyah mengatakan, masalah tersebut adalah satu rangkaian kebijakan dan melibatkan otoritas hukum di Indonesia memasuki proses hubungan lintas negara.
 
"Namun di sisi itu tentunya kita meyakini bahwa masing-masing otoritas hukum kita memiliki kerja sama dengan otoritas hukum mitra mereka di Malaysia," lanjut dia.
 
Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mengatakan, pihaknya menduga Djoko Tjandra berada di salah satu apartemennya di Kuala Lumpur, Malaysia. Diduga dia kabur dari Indonesia pada akhir Juni lalu.
 
Baca: Kewarganegaraan Djoko Tjandra Tak Jelas.
 
"Dari informasi yang diperoleh IPW saat ini, Joko Tjandra sudah berada di apartemennya di lantai 106 Apartement Exchange Kuala Lumpur, Malaysia. Joko Tjandra bersama dua orang lain kabur dengan jet pribadi yang diduga dari Halim Perdana Kusuma Jakarta langsung menuju Kuala Lumpur pada akhir Juni," kata Neta.
 
Sementara Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menegaskan, pihaknya mendalami informasi tentang keberadaan Djoko di Malaysia. Namun Argo enggan memerinci langkah yang ditempuh.
 
Argo pun meminta masyarakat sabar dan memberi waktu polisi bekerja. "Kita tunggu saja," ujar Argo.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif