Menlu Retno Marsudi saat bertemu Ketua PBNU Said Aqil Siradj di Kantor PBNU, 11 Februari 2020. Foto: Media Indonesia
Menlu Retno Marsudi saat bertemu Ketua PBNU Said Aqil Siradj di Kantor PBNU, 11 Februari 2020. Foto: Media Indonesia

NU dan Kemenlu Kolaborasi Bantu WNI Terdampak Covid-19

Internasional kemenlu pbnu
Marcheilla Ariesta • 18 Mei 2020 14:28
Jakarta: Nahdlatul Ulama akan menggaet solidaritas global untuk membantu para warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terkena dampak kebijakan akibat virus korona (covid-19). Solidaritas global ini rencananya akan dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri.
 
Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Achmad Rizal Purnama mengatakanm, kegiatan solidaritas global itu untuk mensinergikan kerja sama antara pemerintah pusat, perwakilan RI dengan organisasi masyarakat RI di luar negeri.
 
"Acaranya sendiri intinya mensinergikan kerja perwakilan dengan ormas Indonesia, khususnya Nahdlatul Ulama (NU) di luar negeri, terutama PCINU, untuk membantu menangani permasalahan covid-19 yang berdampak pada masyarakat Indonesia," kata Rizal kepada Medcom.id, Senin 18 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rizal menambahkan selama ini beberapa organisasi masyarakat Indonesia telah bekerja bersama perwakilan RI untuk membantu WNI yang terkena dampak. Salah satunya di Malaysia.
 
"Di Malaysia, banyak sekali WNI yang membutuhkan sembako karena dampak dari Perintah Pembatasan Pergerakan (MCO) di sana. Dan NU salah satu yang membantu perwakilan kita dalam menyediakan dan menyalurkan sembako," imbuhnya.
 
Karenanya, pada Selasa 19 Mei 2020, akan ada pertemuan secara virtual antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan pengurus besar NU untuk membahas mengenai hal tersebut.
 
Akibat pandemi covid-19 ini, sebagian besar negara terkena dampak signifikan, baik dalam sektor kesehatan, ekonomi, politik, atau sosial kemasyarakatan. NU menyadari dunia butuh cara baru dalam berinteraksi, salah satunya lewat solidaritas global tersebut.
 
Bagi NU, dengan bersama-sama menghadapi tantangan ini, dunia bisa kembali pulih lebih cepat.
 
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per 17 Mei 2020 mengatakan bahwa 17.514 orang di Indonesia terinfeksi korona. Sementara warga yang sembuh mencapai 4.129 jiwa dan yang meninggal dunia berada di angka 1.148 orang.
 

 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif