NEWSTICKER
Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr Adham Baba (paling kanan). Antara-Agus Setiawan
Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr Adham Baba (paling kanan). Antara-Agus Setiawan

190 Positif Korona Terbaru di Malaysia Jemaah Pengajian

Internasional Berita Virus Corona Hari Ini
Antara • 16 Maret 2020 02:46
Kuala Lumpur:Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) melaporkan hingga Minggu, 15 Maret 2020 terdapat 190 kasus baru positif covid-19 atau korona. Mayoritas yang terjangkit adalah peserta jemaah tabligh yang menghadiri pengajian diMasjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur, pada 27 Februari hingga 3 Maret kemarin.
 
"Terdapat 190 kasus baru yang telah dilaporkan. Ini menjadikan jumlah kasus positif covid-19 di Malaysia adalah sebanyak 428 kasus," kata Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Adham Baba di Putrajaya seperti dilansir Antara, Minggu, 15 Maret 2020.
 
Adham mengatakan tujuh pasien positif korona sebelumnya telah dinyatakan sembuh. Mereka telah diizinkan keluar dari ruang isolasi Rumah Sakit Sungai Buloh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini menjadikan 42 kasus telah pulih sepenuhnya dari covid-19 dan telah keluar dari rumah sakit," katanya.
 
Baca:Penumpang Positif Korona, Dua Kapal Pesiar di Chile Dikarantina
 
Dia mengatakan sebanyak sembilan kasus positif dari jemaah tabligh kini sedang dirawat di ruang ICU dan memerlukan bantuan pernafasan. Pemerintah Malaysia sedang mendeteksi peserta pengajian lainnya.
 
"Penyelidikan dan deteksi peserta pertemuan tabligh masih sedang giat diteruskan. Justru KKM menyeru agar peserta pertemuan tabligh menghubungi Kantor Kesehatan Daerah terdekat untuk tindakan selanjutnya," katanya.
 
Mereka yang sudah diidentifikasi mengikuti acara pengajian itu akan diisolasi selama 14 hari. Terutama mereka yang menjalin kontak dengan positif covid-19.
 
"Begitu juga untuk kontak terdekat kasus positif covid-19, patient-under-investigation (pasien dalam pengawasan)yang tidak mematuhi kriteria masuk ke dalam hospital (rumah sakit)," katanya.
 
Dalam keterangan pers terbaru tersebut, Kementrian Kesehatan Malaysia tidak menyinggung adanya warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak. Sedangkan, disebutkan terdapat tiga WNI yang positif covid-19 setelah menghadiri pengajian tersebut.

 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif