Penasihat Keamanan Nasional Robert C. O Brien. (Foto: AFP)
Penasihat Keamanan Nasional Robert C. O Brien. (Foto: AFP)

AS Tegaskan akan Selalu Berjuang untuk Indo-Pasifik

Internasional amerika serikat laut china selatan indo-pasifik
Willy Haryono • 23 November 2020 14:50
Jakarta: Amerika Serikat menegaskan bahwa kawasan Indo-Pasifik akan selalu menjadi perhatian Washington, terlepas dari siapapun orang yang berkuasa di Gedung Putih. Pernyataan disampaikan Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert C. O'Brien, dalam telekonferensi dari Manila, Filipina pada Senin, 23 November 2020.
 
Ia menegaskan bahwa AS akan selalu berkomitmen terhadap kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, baik di bawah kepemimpinan Donald Trump saat ini maupun pemerintahan mendatang -- yang diproyeksikan dipimpin oleh presiden terpilih Joe Biden.
 
"AS tetap berkomitmen kepada mitra dan sekutu di kawasan," ujar O'Brien.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak akan meninggalkan kawasan Indo-Pasifik. Kami akan terus berjuang bagi Indo-Pasifik," sambungnya.
 
Baca:  AS Tekankan Pentingnya Sentralitas ASEAN dalam Indo-Pasifik
 
Negeri Paman Sam memang merupakan salah satu mitra strategis negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, di kawasan Indo-Pasifik. Keterlibatan AS di Indo-Pasifik diharapkan dapat menjadi positive force atau kekuatan positif untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan.
 
Selain Indo-Pasifik, O'Brien juga menyinggung mengenai peran AS dalam memastikan kebebasan di Laut China Selatan. AS bertekad terus menjaga kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan dari pengaruh Tiongkok yang semakin berkembang.
 
Sempat bertemu sejumlah pejabat Vietnam dan Filipina, O'Brien menegaskan bahwa AS akan memastikan kedaulatan kedua negara tersebut di sebagian wilayah Laut China Selatan terlindungi. Selama ini, Tiongkok mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, sebuah sikap yang mengundang kemarahan dari sejumlah negara Asia Tenggara.
 
O'Brien menegaskan bahwa semua negara yang berada di sekitar Laut China Selatan dapat hidup makmur dan damai tanpa perlu takut terhadap pengaruh dan ancaman Tiongkok.
 
"Penghormatan terhadap hukum internasional harus selalu ditegakkan di Laut China Selatan," sebut O'Brien.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif