Jurnalis Myanmar kabur ke Thailand. Foto: AFP.
Jurnalis Myanmar kabur ke Thailand. Foto: AFP.

Thailand Tangkap 3 Jurnalis Myanmar yang Kabur dari Militer

Internasional Myanmar thailand Kudeta Myanmar
Marcheilla Ariesta • 11 Mei 2021 22:08
Chiang Mai: Pihak berwenang Thailand menangkap tiga jurnalis Myanmar yang melintasi perbatasan untuk menghindari tindakan keras militer di negara itu. Para wartawan bekerja untuk Democratic Voice of Burma (DVB).
 
DVB merupakan outlet berita yang izin siarannya dicabut usai kudeta terjadi pada awal Februari lalu. Militer Myanmar berusaha membungkam media berita independen.
 
Saat ini, mereka telah menahan sekitar 40 jurnalis, termasuk dua yang bekerja untuk DVB. Media tersebut mengatakan ketiga jurnalisnya ditangkap dalam pencarian acak di kota utara Thailand, Chiang Mai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para jurnalis itu akan hadir di pengadilan hari ini, Selasa, 11 Mei 2021. Mereka dihadapkan dengan dakwaan memasuki Negeri Gajah Putih secara ilegal.
 
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Thailand, Tanee Sangrat mengatakan para pejabat sedang mencari solusi untuk masalah ini ke depannya.
 
"Pihak berwenang Thailand yang bersangkutan sedang berkoordinasi utnuk menemukan kemungkinan solusi bagi masalah kemanusiaan ini," tuturnya dilansir dari Deutsche Welle.
 
Baca juga: Oposisi Myanmar Tolak Negosiasi dengan Junta Meskipun Didorong ASEAN
 
Klub Koresponden Asing Thailand memperingatkan para jurnalis akan menghadapi penangkapan dan bahkan penganiayaan. Jika tidak, mereka akan dideportasi.
 
"Dunia sedang mengamati apa yang dilakukan pihak berwenang Thailand dalam kasus penting kebebasan pers di Myanmar dan kawasan ini," tutur mereka.
 
DVB juga mengatakan ketiganya akan terancam bahaya. Menurutnya, ketiga wartawan mereka telah meliput demonstrasi di Myanmar hingga awal Maret.
 
"DVB sangat mendesak pihak berwenang Thailand untuk tidak mendeportasi mereka kembali ke Burma, karena nyawa mereka akan dalam bahaya serius jika mereka kembali," kata pernyataan itu.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif