Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2022. Foto: Layar Tangkap YouTube Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2022. Foto: Layar Tangkap YouTube Kemenlu RI

Di 2022, RI Fokus Bantu Pendidikan Perempuan dan Anak Afghanistan

Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2022 17:28
Jakarta: Posisi Indonesia selalu konsisten untuk melihat Afghanistan yang damai, stabil dan sejahtera. Karenanya, Indonesia mendorong agar Taliban memenuhi janji yang mereka sampaikan pada 16 Agustus 2021 lalu.
 
Pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengenai Afghanistan di akhir tahun lalu menjadi bentuk kepedulian RI terhadap negara itu. Pasalnya, Indonesia termasuk inisiator pelaksanaan pertemuan tersebut.
 
"Atas dorongan Indonesia, sebuah roadmap pemenuhan komitmen Taliban dimasukkan dalam Resolusi OKI tersebut," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM), Kamis, 6 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno menambahkan, Indonesia juga terus berkomitmen untuk berkontribusi di bidang kemanusiaan. Sebanyak dua pesawat dari Indonesia akan segera tiba di Afghanistan membawa bantuan makanan dan nutrisi bagi rakyat Afghanistan.
 
Bantuan tersebut akan diberikan bekerja sama dengan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Di tahun depan, kata Retno, Indonesia masih akan terus membantu Afghanistan.
 
"Indonesia akan melanjutkan fokus pada isu pendidikan dan pemberdayaan bagi perempuan Afghanistan," tegasnya.
 
Bantuan pendidikan ini termasuk pemberian beasiswa bagi perempuan dan anak-anak Afghanistan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif