Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

Tiongkok-Nasdem Siap Kerja Sama Atasi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 28 Mei 2020 10:57
Jakarta: Tiongkok menjadi salah satu negara yang dianggap cukup berhasil mengatasi pandemi virus korona (covid-19). Bekerja sama dengan Partai Nasdem, Partai Komunis Tiongkok (CPC) membagi langkah-langkah agar pandemi covid-19 di Indonesia juga bisa cepat selesai.
 
Direktur Divisi Asia Tenggara Biro Asia CPC, Xu Min mengatakan, pihaknya percaya jika Indonesia akan mengalahkan wabah ini dalam waktu singkat.
 
"Tiongkok selalu bersikap terbuka, transparan dan bertanggung jawab dalam peningkatan kerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta masyarakat internasional," kata Xu membuka webinar dengan Partai Nasdem, Kamis 28 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Xu menambahkan, keterbukaan Tiongkok ini malah disalahgunakan oleh beberapa negara untuk kepentingan pribadi pemimpin mereka. Menurut Xu, hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dan malah merugikan upaya internasional dalam melawan wabah covid-19.
 
Dengan keterbukaan ini, Tiongkok ingin membagikan pengalaman mereka dalam menghadapi covid-19, termasuk kepada Indonesia. Terlebih, tahun ini merupakan ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik kedua negara.
 
"Persis seperti pepatah Indonesia yang berbunyi 'yang ringan sama dijinjing, yang berat sama dipikul', maka kedua negara kita saling membantu, kedua partai kita saling mendukung dan bekerja sama," imbuhnya.
 
Xu menuturkan saat Tiongkok menghadapi masa berat melawan covid-19 di awal tahun, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengirim surat ucapan dukungan kepada Sekjen Xi Jinping.
 
"Kami juga membagi pengalaman dan langkah Tiongkok dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi serta pemulihan ekonomi, memberikan donasi alat medis termasuk masker bedah kepada Partai Nasdem," katanya.
 
Menurut dia, webinar kedua partai ini merupakan cerminan kerja sama Tiongkok dan Indonesia dalam melawan wabah. Xu menambahkan CPC akan terus meningkatkan kerja sama dan komunikasi dengan Partai Nasdem untuk memperkuat kapasitas kedua negara dalam bidang kesehatan, revitalisasi ekonomi, dan pembangunan sosial.
 
"Kami juga bersedia bersama Partai Nasdem menjembatani kerja sama kedua negara baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Dengan memanfaatkan Belt and Road Initiative untuk mewujudkan lebih banyak kerja sama kedua negara yang saling menguntungkan dan berkualitas tinggi, agar ekonomi dan sosial di negara masing-masing dipulihkan dengan cepat," pungkasnya.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif