Seorang petugas kesehatan melakukan tes covid-19 di Malaysia. (AFP/Mohd Rasfan)
Seorang petugas kesehatan melakukan tes covid-19 di Malaysia. (AFP/Mohd Rasfan)

Malaysia Berlakukan Lockdown Parsial di Sabah

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 07 Oktober 2020 13:43
Putrajaya: Pemerintah Malaysia memberlakukan penguncian wilayah (lockdown) parsial untuk wilayah Sabah. Lockdown diterapkan usai terjadinya lonjakan kasus virus korona (covid-19) di Malaysia, terutama sejak berakhirnya pemilihan umum lokal di Sabah bulan lalu.
 
Dikutip dari laman The Star, lockdown parsial di Sabah diberlakukan di beberapa distrik Kota Kinabua, Penampang, dan Putatan mulai Rabu, 7 Oktober 2020, dini hari pukul 00.00 waktu setempat.
 
Tiga wilayah tersebut merupakan tambahan dari Tawau, Semporna, Kunak, dan Lahad Datu yang sudah terlebih dahulu terkena kebijakan lockdown.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lewat lockdown parsial ini, Malaysia juga berencana menerapkan larangan perjalanan dari dan menuju Sabah mulai 12 Oktober mendatang. Menteri Keamanan Senior Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan, larangan perjalanan ini akan berlaku hingga 25 Oktober.
 
Ismail menyebut adanya sejumlah pengecualian, seperti untuk kasus darurat, kematian, layanan esensial, dan lainnya. Namun semua perjalanan dari dan menuju Sabah itu tetap membutuhkan izin dari kepolisian.
 
Untuk masuk ke Sabah, izin hanya akan diberikan kepada warga Sabah dengan kode "H" di MyKad -- Kartu Tanda Penduduk Malaysia. Warga non-Sabah yang bekerja di layanan esensial serta mahasiswa dengan dokumen imigrasi yang valid diizinkan masuk ke Sabah.
 
Pegawai negeri sipil yang tinggal di Sabah harus mendapat cap khusus dari Departemen Keimigrasian Sabah saat hendak masuk dari luar daerah. Semua orang yang hendak masuk Sabah juga diwajibkan menjalani pemeriksaan covid-19 saat tiba di titik masuk.
 
Senin kemarin, Sabah mencatat total 130 kasus covid-19. Secara nasional di hari yang sama, Malaysia mencatat tambahan 432 infeksi covid-19.
 
Dari tanggal 20 September hingga 5 Oktober, total 235 kasus lokal covid-19 di seantero Malaysia melibatkan sejumlah individu yang baru saja berkunjung ke Sabah.
 
Baca:Malaysia Catat Lonjakan Kasus Covid-19 usai Pemilu Sabah
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif